Risiko Kanker Ada Dalam Setiap Tarikan Nafas!

0
628
Kanker
Copyright©hellosehat

Risiko Kanker Ada Dalam Setiap Tarikan Nafas!

Indowarta.com – Hingga kini kanker menjadi penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang diseluruh dunia. Penyakit ini menjadi momok menakutkan karena paing sering menyebakan kematian penderitanya.

Sementara itu definisi kanker sendiri yakani pertumbuhan sel yang tidak normal. Sel tersebut akan membesar dengan cepat, menginvasi di sekitarnya, dan kemudian menjalar ke tempat lain dengan cepat. Hal ini juga beraku untuk kanker paru-paru.

Asal kalian tahu setiap kali bernafas bukan tidak mungkin akan menjadi penyebab kanker paru-paru. Hal ini juga diungkapkan oleh Dr. Elisna Syahruddin, Ph.D, Sp.P (K) dari Departemen Pulmonologi dan Respiratori FKUI/RSUP Pesahabatan, di Jakarta.

WAJIB BACA :  Ciri Ciri Tahi Lalat Pemicu Kanker Ganas!

Baca juga : Dokter Indonesia Ini Temukan Tanda Tanda Dan Pemicu Kanker!

Dia mengatakan jika paru-paru manusia ibarat tanaman, kadang normal dengan tanaman yang sehat, tapi tentunya pada tanaman tersebut selalu ada bibit-bibit penyakit. ‘Seperti tanaman kadang terlihat normal dan sehat, akan tetapi selalu ada bibit penyakit yang tumbuh. Demikian juga di paru-paru, setiap kali bernafas akan terjadi kerusakan pada mukosa atau selaput lendir, saluran pernafasan atau mulut dan juga paru-paru’ ujarnya.

Kanker
Copyright©aura

Akan tetapi tidak semudah itu sel-sel yang rusak tersebut akan berubah menjadi kanker. Pasalnya paru-paru sendiri mempunyai mekanisme yang solid yakni setiap sel yang rusak, mekanisme akan memperbaikinya.

WAJIB BACA :  Manfaat Tanaman Tillandsia, Mampu Obati Kanker Sampai HIV/AIDS!

Namun masalah akan muncul pada saat sistem imun tubuh tidak lagi mampu membersihkan bibit-bibit kanker. Apalagi, sel-sel tubuh mempunyai program pematan sel yang disebut opoptosis. Menurut penjelasan Dr Elisna program tersebut menjadikan sel-sel yang rusak atau yang telah tua melakukan bunuh diri sehingga keseimbangan tubuh selalu berjalan.

Baca juga : 5 Jenis Benjolan Payudara yang Bukan Termasuk Kanker!

Sedangkan pada sel-sel yang tidak normal, program ini tidak berjalan, sehingga ia bisa tumbuh tak terkendali kemudian menjadi kanker. Menurutnya angka harapan hidup pasien kanker masih rendah karena masih banyak yang belum kita ketahui tentang kanker.

‘Dari 10 orang yang kena kanker paru-paru, 8 orang meningal dunia. Untuk tumbuh 1 cm, kanker paru-paru perlu waktu sekitar 10 tahun. Maka sekalipun semua orang di Indonesia berhenti merokok hari ini juga, bibit kanker sudah mulai tumbuh. Puncak usia penderita kanker paru-paru yakni di usia 40 tahun’ ujar Dr Elisna saat ditemui dalam acara tak Show ‘Immunoterapi Masuk Dalam Panduan PDPI untuk Pengobatan Kanker Paru-Paru’ di Jakata pekan ini.

Baca juga : Tenggorokan Terus Menerus Sakit, Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Tonsil Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here