Jusuf Kalla Sebut Sudah Siapkan Diri Hadapi Bencana Erupsi Gunung Agung!

0
927
Gunung Agung
Copyright©tstatic

Jusuf Kalla Sebut Sudah Siapkan Diri Hadapi Bencana Erupsi Gunung Agung!

Indowarta.com– Wakil Presiden Jusuf Kalla atau yang kerap disapa dengan nama JK ini telah mengatakan bahwa baik pemerintah pusat maupun pemerintah Provinsi Bali ini sudah siap untuk menghadapi segala resiko letusan Gunung Agung di Karangasem, Bali. JK pada saat di Istana Wapres, Jakarta pada hari Senin 27 November 2017 ini telah mengatakan “Kita sudah siap. Sebenarnya yang siap itu menghadapi bencana di Bali”.

BACA JUGA: Lahar Dingin Gunung Agung Sapu Sawah Warga Di Dekat Sungai!

JK telah mengatakan bahwa jauh lebih mudah menangani masalah erupsi gunung api dari pada bencana lain. Hal ini karena sudah ada beberapa tanda sebelum terjadinya letusan yang sangat besar sehingga akan mudah untuk diantisipasi.

WAJIB BACA :  Fakta Mengejutkan Soal Gunung Agung Meletus Lagi

JK telah mengatakan “(Gunung meletus) sudah ada pendahulunya. Gempa bumi dulu, kemudian batu-batu. Beda kalau gempa bumi, kan enggak pakai tanda-tanda. Kalau erupsi gunung api di Gunung Agung atau Sinabung, sudah ada persiapan dulu”.

Gunung Agung
Copyright ©Istimewa

JK pun juga telah menegaskan bahwa salah satu pembuktiannya adalah dengan sudah adanya banyak tempat pengungsian yang telah dipersiapkan jauh sebelum erupsi Gunung Agung untuk bisa menampung warga.

JK menegaskan “Karena itu, berapa ratus tempat pengungsian dibangun di Bali dan itu oleh pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Insya Allah menjamin berapa ribu orang nanti diungsikan. Akan tetap dijamin oleh pemerintah”.

BACA JUGA : Gunung Sinabung Erupsi Lagi Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 2,3 KM!

WAJIB BACA :  Inilah Permintaan dan Harapan Jusuf Kalla Di Hari Lahir Pancasila!

Sementara itu, akibat dari erupsi Gunung Agung ini telah menyebabkan mengalirnya lahar dingin ke beberapa pemukiman warga yang berada di bawah kawah. Hal ini juga harus diwaspadai karena lahar tersebut telah membawa materi Gunung Agung yang berat.

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter-nya @Sutopo_BNPB telah menyebutkan bahwa lahar dingin yang telah terjadi pada saat ini barulah permulaan saja. Hal ini karena banjir lahar dingin nantinya masih akan terus meningkat lagi nantinya.

Sutopo mengatakan bahwa masyarakat yang berada di sekitar Gunung Agung dan juga Sinabung ini agar tetap waspada dari ancaman lahar dingin. Sutopo telah mengatakan “Jika hujan di bagian hulu segera menyingkir dari sekitar sungai”.

baca juga : 

Sinar Merah Sampai Kepulan Asap Di Erupsi Gunung Agung!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here