Badai Cempaka Mulai Melemah, Siklon Tropis Dahlia Mulai Mengancam!

0
591
Iklon Tropis Dahlia (BMKG)
Copyright©Antara

Badai Cempaka Mulai Melemah, Siklon Tropis Dahlia Mulai Mengancam!

Indowarta.com – Dari hasil pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), badai Cempaka atau siklon topis di wilayah selatan Pulai Jawa sudah mulai melemah dan menjadi Depresi Tropis (eks Cempaka).

BACA JUGA: BMKG Prediksikan Akan Ada Cuaca Ekstrem 3 Hari Ke Depan di Pulau Jawa!

“Bergerak ke arah barat daya menjauhi perairan Indonesia,” kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam keterangan pers, Rabu (29/11/2017) sore, seperti dilansir Bmkg.go.id.

Akan ada dampak yang akan ditimbulkan oleh badai Cempaka untuk cuaca di wilayah Indonesia. “Seperti hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di selatan Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Lombok,” jelas dia.

WAJIB BACA :  Ganasnya Badai Cempaka yang Tewaskan 11 Korban di Pacitan!

Adanya badai Cempaka ini sudah menyababkan adanya angin kencang hingga mencapai 20 knot dalam 36 kilometer per jam, yang akan berdampak di beberapa wilayah di selatan Pulau Jawa. Disamping itu, mengenai kondisi perairan yang ada di selatan Banten, selatan Jawa Tengah, Pulau Jawa, dan Samudera Hindia akan mengalami gelombang tinggi mencapai 2,5-4 meter.

BMKG
Copyright©netralnews

Sebelumnya, adanya badai Cempakan yang terjadi beberapa waktu belakangan ini sudah menyebabkan tingginya intensitas hujan yang terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Pacitan, Jawa Timur, hingga dapat menyebabkan bencana banjir.

BACA JUGA : Jalur Ke Pacitan Masih Tertutup Tanah Longsor dan Banjir!

Sedangkan bibit siklon tropis yang ada di barat Daya Bengkulu telah mengalami peningkatan siklon tropis sekitar pada pukul 19.00 WIB yang dinamakan dengan siklon tropis Dahlia. Hal ini seiring berturunnya siklon tropis di Pulau Jawa.

WAJIB BACA :  Ganasnya Badai Cempaka yang Tewaskan 11 Korban di Pacitan!

Siklon tropis Dahlia berada di posisi 8.2 LS dan 100.8 BT (sekitar 470 km di selatan Bengkulu) untuk pergerakan yang mengarah ke arah tenggara menjahui wilayah di Indonesia. Adanya peningkatan siklon tropis ini akan menyebabkan peningkatan pada tingginya gelombang, curah hujan, potensi kilat, dan angina kencang di beberapa wilayah di Indonesia.

Sedangkan dampak yang ditimbulkan adanya peningkatan siklon tropis Dahlia ini, diantaranya akan terjadi hujan sedang dan lebat di pesisir barat Bengkulu, Jawa Bawat, dan Lapung. Serta adanya angina kencang yang terjadi di pesisir barat Sumatera Barat hingga ke Banten, Jawa Barat, Jakarta, dan Lampung.

BACA JUGA : TNI Serius Usut Kasus La Gode yang Tewas di Markas Tentara!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here