Penerimaan CPNS 2018 Akan Dimulai Sejak Awal Tahun, Persiapkan diri!

0
4949
PNS
Copyright©terbitsport

Penerimaan CPNS 2018 Akan Dimulai Sejak Awal Tahun, Persiapkan diri!

Indowarta.com– Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ini telah memberikan target pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Pada saat ini kementerian masih menunggu mengenai jumlah formasi CPNS 2018 yang telah diajukan oleh pemerintah daerah atau Pemda.

Baca Juga PLN Janji Turunkan Tarif Listrik, Tapi . .

Menteri PANRB yakni Asman Abnur ini telah mengatakan bahwa kepala daerah telah diberikan wewenang untuk bisa mengajukan formasi yang dibutuhkan. Menurut dirinya, semakin cepat formasi tersebut diusulkan maka akan semakin baik. Hal ini karena dengan demikian proses rekrutmen CPNS 2018 ini bisa saja dibuka sejak awal tahun nanti.

WAJIB BACA :  Perlukan Lowongan CPNS Dibuka Besar besaran?

Asman Abnur di Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta pada hari Kamis 30 November 2017 ini telah mengatakan “Kalau mau mengajukan enggak apa-apa, dari sekarang boleh. Ya mudah-mudahan kalau saya berharap cepat. Biar nanti tahun 2018 ini bisa kita laksanakan di awal tahun,”.

PNS
Copyright©soreangonline

Asman juga telah menjelaskan bahwa alokasi jumlah formasi PNS yang akan dibuka pada tahun depan ini adalah salah satunya akan mengikuti besaran jumlah PNS yang pensiun. Walaupun begitu, jumlahnya tidak akan sebesar PNS yang akan memasuki masa purna bakti tersebut.

Baca Juga Saling Lempar Izin, Anies Baswedan Tegaskan Izin Reuni 212 di Monas Adalah Wewenang Polisi!

Asman Abnur telah menjelaskan “Meman‎g mau tidak mau kita harus mengisi PNS yang sudah pensiun. Nah kita targetkan pertumbuhannya tidak plus, tapi minus. Jadi kalau mungkin yang pensiun 100 ribu, kita terima separuhnya”.

WAJIB BACA :  Pelamar CPNS Kemenkumham dan MA Tembus 788.208 orang!

Tidak hanya itu saja, alokasi CPNS 2018 ini juga akan bergantung terhadap kemampuan keuangan negara nantinya. Hal ini karena Kementerian PANRB ini tengah melakukan koordinasi dengan Kemenkeu terkait dengan hal ini.

Asman Abnur telah mengatakan “Tapi keputusannya nanti sangat tergantung pada kemampuan keuangan. Jadi nanti dengan Bu Menkeu akan menghitung dulu kemampuan APBN kita”

Seleksi CPNS ini ditujukan bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Formasi yang nantinya dibuka tidak akan melebihi jumlah PNS yang pensiun. Penerimaan CPNS ini akan mengacu pada pertumbuhan negatif.

Menurut Asman, jumlah PNS yang memasuki pensiun ini adalah sekitar 220 ribu orang. Sementara itu formasi yang akan dibuka adalah sekitar 50 persen dari jumlah tersebut.

baca juga : 

Jenderal Gatot Nurmantyo Sudah Serahkan Sosok Pengganti Ke Presiden Jokowi!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here