Berpotensi Hajar Bumi, Asteroid Ini Diperkirakan Melintas 16 Desember Nanti!

0
1771
Asteroid
Copyright©express

Berpotensi Hajar Bumi, Asteroid Ini Diperkirakan Melintas 16 Desember Nanti!

Indowarta.com– Badan Luar Angkasa Amerika (NASA) telah memberikan konfirmasi akan adanya sebuah asteroid yang nantinya akan melintasi bumi. Asteroid ni masuk ke dalam kategori memiliki potensi untuk menghancurkan bumi.

BACA JUGA : Viral Video FB Mobilio Vs Truk Rebutan Masuk Tol Sampai Baret!

Dilansir dari Daily Star, asteroid itu bernama 3200 Phaethon dengan ukuran yang memiliki diameter sekitar lima kilometer. Pada saat melintas nanti, asteroid tersebut telah diprediksi akan berjarak 10,3 juta kilometer dari bumi, atau kurang lebih 27 kali jarak antara bumi dengan bulan.

Pihak dari NASA ini telah mengatakan “NASA mengklasifikasikan asteroid itu ke dalam daftar benda luar angkasa yang merupakan ‘ancaman’ bumi. Jaraknya bisa dibilang merupakan yang terdekat dari bumi. Tak ada lagi asteroid yang bisa sedekat itu sejak 16 Desember 1974. Kala itu jaraknya sekitar 5 juta mil dari bumi”.

WAJIB BACA :  Ada Asteroid Mendekati Bumi, Bahayakah?
Asteroid
Copyright©express

Dengan diameter yang dimiliki sekitar lima kilometer, Phaethon ini juga di anggap sebagai benda langit terdekat bumi yang paling besar ketiga ini. Hal ini yang menjadi sebab NASA memasukkannya dalalm benda luar angkasa yang menjadi ancaman.

NASA telah mengatakan “Phaethon akan mendekati bumi pada 16 Desember 2017 dan kami akan memantaunya dengan menggunakan radar yang kuat di Goldstone dan Arecibo. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengobservasi asteroid itu dan mendapatkan gambar yang lebih detail”.

baca juga : Mengintip Sejarah Taktik Perang Gerilya Jenderal Sudirman yang Buat Belanda Kelabakan!

Sementara itu NASA sendiri telah memberikan prediksi perlintasan Phaethon ini akan kembali terjadi pada tanggal yang sama di tahun 2093 nanti.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: 19 April Besok, Asteroid Ukuran Besar Akan Mendekati Bumi!

Sebanyak 3200 Phaethon merupakan asteroid yang diambil dari nama anak dewa matahari Yunani, Helios. Hal ini karena jaraknya dekat dengan matahari. Bentuk Phaethon ini memanglah sangat unik karena memilki sifat seperti asteroid dan juga komet.

Pada saat nanti berdekatan dengan bumi, ilmuwan Phaethon ini telah mengeluarkan debu dari batu luar angkasanya. Hal ini mirip dengan ekor es mencair yang biasa dikeluarkan oleh komet. Namun di sisi lain, orbit Phaethon aslinya adalah antara Mars dengan Jupiter yang merupakan tempat asteroid ini biasa berasal.

baca juga : 

NASA Rilis Pernyataan Soal Planet Kesembilan, Tanda Kiamat?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here