Presiden Jokowi Akukan KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto Sebagai Calon Pengganti Panglima TNI Gatot Nurmantyo!

0
1121
Marsekal Hadi Tjahjanto
Copyright©poskotanews

Presiden Jokowi Akukan KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto Sebagai Calon Pengganti Panglima TNI Gatot Nurmantyo!

Indowarta.com – Nama Kepala Staf TNI Angkatan Udar Marsekal Hadi Tjahjanto sepertinya akan naik jadi Panglima TNI yang baru. Nama Marsekal Hadi telah diajukan sebagai calon Paglima baru TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo.

Pengajuan tersebut dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena Panglima TNI Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun. Surat pegajuan itu sendiri diserahkan oleh Menteri Sekertaris Negara Pratikno kepada Wakil DPR Bidang Politik, dan Keamanan Fadli Zon pada Senin, 4 Desember 2017 pagi.

Sedangkan meninggalkan Pratikno meninggalkan gedung DPR sekitar pukul 08.05 WIB. Fadli sendiir mengatakan jika surat dari Pratikno telah diterimanya dan telah disampaikan kepada pelaksana tugas (Plt) Sekjen DPR Ibu Damayanti.

WAJIB BACA :  Gerindra Prediksikan Nasib Jokowi Bakalan Seperti Ahok!

‘Surat telah kami terima, saya sudah serahkan ke Plt Sekjen DPR Ibu Damayanti untuk segera kami proses’ ujar Fadli saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin, 4 Desember 2017.

Marsekal Hadi Tjahjanto
Copyright©tribuntimur

Fadli menambhakan jika dengan diajukannya surat tersebut, maka dipastikan jika Gatot Nurmantyo diberhentikan dengan hormat dari Panglima TNI. Untuk selanjutnya surat tersebut akan dibahas dalam rapat pimpinan DPR yang rencanya akan digelar Senin siang.

Sesuai dengan mekanismenya surat tersebut pengajuan Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi PanglimaTNI akan dibahas dalam Rapat Badan Musyawarah (Bamus). Hal itu dilakukan guna mengagendakan uji kelayakan dan kepatutan oleh komisi terkait yakni Komisi I DPR RI.

Fadli pun mengharapkan proses tersebut dapat selesai sebelum DPR memasuki masa reses yang akan berlangsung pada 13 Desember 2017. Keinginan untuk secepatnya dilakukan proses pergantian itu juga disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi melalui surat tersebut.

WAJIB BACA :  Elektabilitas Prabowo Bisa Salip Jokowi, Asal . . .

Sebelum nama Marsekal Hadi Tjahjanto diajukan oleh Presiden Jokowi, memang banyak bermunculan soal dorongan dari sejumlah pihak agar Presiden segera melaukan pergantian Panglima TNI. Gatot Nurmantyo sendiri tak banyak berkomentar mengenai hal tersbeut.

Gatot mengatakan jika pergantian panglima TNI merupakan kewenangan dari Presiden. ‘Pergantia panglima urusan Presiden, dan keputusan semua ditangan beliau‘ ujar Gatot saat ditemui di Kota Malang, pada Jumat, 24 November 2017 lalu.

Untuk diketahui Gatot Nurmantyo sendiri akan memasuki masa pensiun pada bulan Maret 2018 mendatang. Sedangkan calon penganti Gatot sendiri haruslah berpangkat bintang empat dan pernah menjabat sebagai staf angkatan.

Baca juga : Berulang Kali, Panglima TNI Tegaskan Setia Pada Presiden Jokowi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here