Membandingkan Jokowi dan Prabowo di Dua Survey berbeda!

0
1946
Jokowi
Copyright©tribunnews

Membandingkan Jokowi dan Prabowo di Dua Survey berbeda!

Indowarta.com – Pemilihan Presiden (Pilpres) masih menyisakan waktu kurang lebih satu tahun setengah. Namun seperti yang terlihat jika Pilpres 2019 sudah memanas, dan seiring dengan itu sejumlah lembaga survei mulai meluncurkan hasil surveinya.

Yang menarik dari hasil survei ini ialah berbeda dari satu survei dengan survei yang lain. Survei pun dilakukan untuk menguji atau mebandingkan elektabilitas Jokowi dan Prabowo yang dianggap menjadi calon presiden dalam Pilpres mendatang.

Sedangakan survei yang paling baru ialah survei Indo Barometer dan Organisasi Kesejahteraan Rakyat (Orkestra). Survei yang dilakukan pada Minggu, 3 Desenber 2017 kemarin menunjukan hasil yang berbeda.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Jokowi Akan Lantik Djarot Sebagai Gubernur DKI Jakarta Hari Ini!

Namun keduanya terlihat menempatkan Joko Widodo sebagai kandidat terkuat. Elektabilitas keduanya pun terlihat berbeda cukup jauh. Nampak Indo barometer melakukan surveinya pada taggal 15 hingga 23 November 2017.

Jokowi
Copyright©top trending

Baraometer Indo melakukan survei kepada 1.200 responden di 34 provinsi. Survei diambil menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dan margi of error kurang lebih 2,83 persen. Hasilnya menunjukan jika elektabilitas Jokowi 34,9 persen berada di posisi puncak.

Elektabilitas Jokowi berada jauh di atas Prabowo yang meraih hasil 12,1 persen. Selain itu Indo Barometer juga merilis hasil survei terhadap tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi yang mencapai 61,8 persen. Mengenai hasil survei tersebut juga diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Golkar Akan Tetap Usung Jokowi di Pilpres 2019 Nanti!

Dia mengatakan jika kebanyakan responden menginginkan Jokowi menjadi presiden periode 2019-2024 dan itupun disertai dengan lima alasan. ‘Mereka mayoritas publik menginginkan Joko Widodo kembali menjadi presiden. Ada lima alasan utama yakni meningkatnya pembangunan, bantuan pendidikan, dekat dengan rakyat kecil, sesuai dengan janji kampanye dan memberika bantan kepada msyarakat miskin‘ ujarnya saat rilis pers di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta pada Minggu, 3 Desember 2017.

Sementara itu hasil berebada ditunjukan oleh lembaga survei Organisasi Kesejahteraan Rakyat (Orkestra), Okestra menyebutkan jika Prabowo benar-benar menjdi lawan Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang. Elektabilitas Prabowo sendiri di posisi 21,9 persen dan hanya terpaut sedikit di bawah Jokowi yang meraih 24,38 persen. Okestra sendiri melakukan survei kepada 1.300 responden di 34 provinsi di Indonesia.

WAJIB BACA :  Arief Poyuono Kena Teguran Prabowo Usai Sebut PDIP PKI!

Survei tersebut diambil mulai tanggal 6 hingga 20 November 2017 dengan emnggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margi of error kurang lebih 3 persen.

Baca juga : Elektabilitas Tinggi, Anies Baswedan Jadi Cawapres Prabowo?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here