Catat, Ini Rincian Kenaikan Tarif Tol Dalam Kota!

0
605
tarif Tol
Copyright ©media indonesia

Catat, Ini Rincian Kenaikan Tarif Tol Dalam Kota!

Indowarta.com – Kali ini PT Jasa Marga Tbk menempatkan tarif baru untuk ruas tol Dalam Kota Jakarta. Penetapan tarif tol tersebut dimulai pada hari Jumat, 8 Desember 2017 pukul 00.00 WIB.

Penyesuaian tari baru ini ini mengacu pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 973/KPTS/M/2017. Kenaikan tarif baru ini bukan hanya diberlakukan di Tol dalam Kota Jakarta saja, namun kenaikan tarif juga diberlakukan di 9 ruas tol yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ruas tol yang mengalami kenaikan tarif mulai dari Tol Belawen-Medan-Tanjung Morowa dan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa. Mengenai kenaikan tarif tol ini juga diungkapkan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

WAJIB BACA :  Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik!

Dia megatakan penyesuaian tarif baru ini diberlakukan setelah 9 ruas tol memenuhi standart pelayanan minimum (SPM). Sedangkan untuk kenaikan rata-rata di 9 ruas tol sekitar Rp 500 hingga Rp 1.000.

tarif Tol
Copyright ©triunnews

Berikut ini 9 ruas tol yang naik Rp 500 hingga Rp 1000 :

– Semarang A,B,C
– Panglimanan-Plumbon-Kanci
– Belawan-Medan-Tanjung Morawa
– Surabaya-Gempol
– Cawang-Tomang-Grogol-Peluit
– Cawang-Tanjung Priok-Ancol-Peluit
– Serpong-Podok Aren
– Ujung Pandang Tahap I dan II
– Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa

Berikut tarif aru tol dalam kota Jakarta :

– Gol I – Rp 9.500 (naik Rp 500)
– Gol II – Rp 11.500 (naik Rp 1.500)
– Gol III – Rp 15.500 (naik Rp 2.500)
– Gol IV – Rp 19.000 (naik Rp 3.000)
– Gol V – Rp 23.000 (naik Rp 4.000)

WAJIB BACA :  Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik!

Sementara tiu sbeelumnya Ekonom Institute for Development of Economics and Fiance (indef), Bhima Yudhistria Adhinegara meminta pemerintah dan Badan Usaha Jalan Tol (BUUJT) untuk menunda kenaikan tarif sembilan ruas tol di ahir 2017 ini. Alasan dimintanya penundaan kenaikan tarif tol ini untuk menjaga inflansi tetap rendah seusai target pemerintah.

Dia menilai jika kenaikan tarif sembilan ruas tol pada akhir tahun ini akan membebani masyarakat terutama pengguna jalan tol karena diberlakukan kebijakan uang elektronik digardu tol pada bulan Oktober lalu. Alasan lain, Bhima berharap penundaan tarif tol tahun ini karena Standart Pelayanan Minimum (SPM) tol masih perlu dievalusi.

Namun Basuki Hadimuljono menyatakan dan dirinya telah meneken Keputusna Menteri terkait penyesuaian tarif 9 ruas tol. Menurutnya penyesuaian tarif dilakukan setelah ruas tol memenuhi SPM. Rata-rata kenaikan ruas tol sendiri sekitar Rp 500 – Rp 1.000, tapi ada pula golongan kendaraan yang tidak mengalami perubahan tarif karena pertimbangan inflansi.

Baca juga : Berita Terkini: Jokowi Akan Resmikan Tol Sorojo Bandung Hari Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here