Hari Ini, Jenderal Gatot Nurmantyo menyerahkan Tongkat Komando Panglima TNI Ke Marsekal Hadi Tjahjanto!

0
12063
Marsekal Hadi Tjahjanto
Copyright ©merdeka

Hari Ini, Jenderal Gatot Nurmantyo menyerahkan Tongkat Komando Panglima TNI Ke Marsekal Hadi Tjahjanto!

Indowarta.com – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan segera menyerahkan tongkat kepemimpinannya kepada Marsekal Hadi Tjahjanto. Pelantikan Marsekal Hadi menjadi Panglima TNI yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah dilaksanakan di Istana Negara, Jumat, 8 Desember 2017 kemarin.

Sedangkan hari ini nanti tepatnya Sabtu, 9 Desember 2017, Marsekal Hadi akan serah-terima jabatan Panglima TNI dari Jenderal Gatot Nurmantyo di Mabes TNI. Seperti diketahui sebelumnya sertijab telah dilakukan yakni Jenderal Gatot berpamitan kepada para petinggi jajaran Mabes TNI dan acara exit briefing.

Hal ini juga diterangkan oleh Kapuspen TNI Brijen Sabrar Fadhilah. ‘Setijab aka dimulai secara berangkai yakni pukul 09.00 WIB, kemduia dilanjutkan dengan exit briefing terlebih dahulu kepada komandan-komandan satuan’ ujarnya saat ditemui pada Jumat, 8 Desember 2017.

WAJIB BACA :  Pertimbangan Presiden Jokowi Sebelum Memilih Panglima TNI!

Untuk rangkaian sertijab sendiri dilakukan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Nantinya setelah Jenderal Gatot selesai berpamitan dengan para komandan satuan akan dilajutkan dengan pembacaan memorandum sertijab Panglima TNI kepada Marsekal Hadi yang didapuk sebagai pengganti.

Marsekal Hadi Tjahjanto
Copyright ©tribunstyle

‘Setelah Jenderal Gatot selesai berpamitan akan dilajutkan dengan pembacaan memorandum dan tanda tangan sertijab serta upacara di depan pasukan‘ ujar Fadhilah.

Sedangkan apel sertijab sendiri akan digelar di depan pasukan dari seluruh matra dan biasanya setiap petinggi dari setiap satuan akan hadir dalam acara ini. Acara sertijab selesai akan dilanjutkan dengan acara syukuran atas dilantiknya Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI yang baru.

WAJIB BACA :  Panglima TNI Akui Ikut 'Berpolitik'!

Setelah itu selesai, barulah akan ada penyerahan kunci rumah dinas Panglima TNI. ‘Setelah syukuran sertijab nanti, Pak Hadi akan sama-sama meninjau rumah dinas. Akan dilakukan penyerahan kunci rumah di Wisma Ayadi’ tutup Brigjen Sabrar.

Sementara itu cukup diketahui jika Marsekal Hadi Tjahjanto akan dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara sore ini sebagai panglima TNI yang baru. Pria yang saat ini masih menjabat sebagai KSAU tersebut sebelumnya telah mendapat persetujuan DPR melalui pengambilan keputusan di sidang paripurna yang digelar hari Kamis, 7 Desember 2017 kemarin.

Sedangkan untuk Jenderal Gatot Nurmantyo sendiri saat ini tinggal di rumah di Rafles Hills Cibubur. Dia sebelumnya juga telah berpamitan kepada prajurit TNI dengan mendatangi markas Kopassus dan Kostrat. Diketahui Gatot sendiri dipastikan akan pensiun pada bulan Maret 2018 mendatang.

Baca juga : Pesan Jenderal Gatot Nurmantyo Untuk Baret Hijau dan Baret Merah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here