Ada Apa dengan Yerusalem, Kok Diperebutkan Sejak Zaman Dahulu!

0
23193
Copyright ©bbc

Ada Apa dengan Yerusalem, Kok Diperebutkan Sejak Zaman Dahulu!

indowarta.comYerusalem, merupakan salah satu kota tertua di dunia dan yang paling diperebutkan sejak ribuan tahun silam. hal ini dikarenakan, Yerusalem menjadi sebuah kota suci dari tiga agama besar, yakni Yahudi, Kristen, dan juga Islam. Berikut ini beberapa fakta singkat mengenai kota suci tersebut.

Kota ini disebut sebagai kotanya Nabi Daud. Dimana dalam kitab perjanjian lama, Raja Daud telah berhasil merebutnya dan tangan bangsa Jebusit pada tahun 1000 SM. Dan Raja Dadu ini pun menjadikan kota tersebut sebagai pusat kerjaaan dan juga keagamaan bangsa yahudi.

Baca juga: Donald Trump Tabuh Genderang perang Pada Yerusalem?

WAJIB BACA :  Keputusan Donald Trump Soal Yerussalem Picu Kemarahan Berbagai Pimpinan Negara!

Selain itu, dahulu kala kota Yerusalem ini juga menjadi rebutan dari Babilonia dan Persia, dimana saat itu Babilonia telah merebut kota tersebut dan memenjarkan kaum Yahudi serta menghancurkan Kenisah mereka. lalu Raja Sirius Agung dari Persia berhasil menumbangkan Babilonia dan membebaskan kaum Yahui serta membangun kembali kuil mereka.

Copyright ©bbc

Sejak tahun 63 M, kota Yerusalem ini berada dibawah kekuasaan kekaisaran Romawi. Dan perlawanan dari bangsa Yahudi ditahun 66 M ini akhirnya dimenangkan Romawi, sehingga kuil mereka pun kembali dihancurkan. Dan bangsa Romawi dan Bizantium telah menguasai Palestina selama 600 tahun lamanya.

Baca juga: Keputusan Donald Trump Soal Yerussalem Picu Kemarahan Berbagai Pimpinan Negara!

WAJIB BACA :  Arti Resolusi Majelis Umum PBB Soal Yerusalem!

Dan pada tahun 637 M, dibawah pimpnan Khalifah Umar, para tentara muslim berhasil menguasai Yerusalem. Dan di era penduduk muslim inilah penguasa yang saling berusuhan dan juga dari berbagai mazhab islam silih berganti mengguasai kota bersejarah tersebut.

Kota tertua di Timur Tengah ini pun juga menjadi saksi terjadinya Perang Salib yang begitu melegenda. Dimana sejak Kekhalifahan Seljuk pada tahun 1070 M, ia terus memperluas kekuasaannya. Dan hal ini membuat kaum kristen merasa terancam, sehinga Paus Urban II pun mencanangkan Perang Salib.

Dan dalam 200 tahun selanjutnya ada sekitar 5 kali perang memperebutkan Yerusalem, namun pada tahun 1244 akhirnya pasukan dari Kristen kalah total dari tentara muslim sehingga menguasai kota itu lagi.

baca juga: Jokowi Desak PBB Bersikap Soal Kebijakan Donald Trump Tentang Yerusalem!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here