Sosok Max Born, Fisikawan Sekaligus Matematikawan Jerman yang Hadir di Google Doodle Hari Ini!

    0
    803
    Max Born
    Copyright ©sfinancial

    Sosok Max Born, Fisikawan Sekaligus Matematikawan Jerman yang Hadir di Google Doodle Hari Ini!

    Indowarta.com – Kali ini Google merayakan ulang tahun ke 135 Max Born dengan menampilkan gambar pria ini di halaman mukanya. Dia merupakan seorang fisikawan Jerman dan matematikawan yang dianugrahi hadiah Nobel atas kontribusinya terhadap bidang mekanika kuantum.

    Mekanika kuantum sendiri merupakan salah satu bab fisika yang mempelajari materi pada tingkat yang sangat rinci. Namun cukup diketahui bidang ini juga mendorong sejumlah penemuan penting mulai darikomputer pribadi, laser serta perangkat pencitraan medis (MRI).

    Pria ini meraih gelar Ph.D di Universitas Gottingen, Jerman. Ditempat tersebut kemudian Max Born menjadi profesor fisika teoretis. Dia pun bekerjasama dan menjadi mentor sejumlah ilmuwan paling terkenal ketika itu.

    WAJIB BACA :  Samuel Johnson, Penyusun Kamus Bahasa Inggris yang Muncul di Laman Google Doodle Hari Ini!

    Namun masa tua pakar fisika yang meninggal pada 5 Januari 1970 di Gottingen, Jerman ini menyisakan pilu. Setelah memasuki masa pensiun, dia tinggal di kota peristirahatan di Bad Pyrmont. Pada masa tuanya didibayangi potensi bahaya dari peledakan bom atom dan diapun menentang penggunaan senjata nuklir.

    Max Born
    Copyright ©slideshare

    Oleh sebab itu, Max menadatangani deklarasi yang disebut Gottingen Eighteen. Deklarasi tersebut melibatkan ilmuwan terkemuka yang memproses kemungkinan militer Jerman Barat kala itu memiliki kuasa atas senjata nuklir.

    Sementara itu sekitar tahun 1933, Max terpaksa melarikan diri dari jerman ke Inggris. Di Inggris, dia menjabat sebagai Profesor Fisika Alam di Universitas Edinburgh dan dia mengabdi disana selama hampir dua dekade hingga pensiun pada tahun 1954.

    WAJIB BACA :  Oskar Fischinger Kreator Visual yang Berulang Tahun dan Dirayakan Oleh Google Hari Ini!

    Dia mendapatkan hadiah Novel pada tahun 1954 untuk Born Rule yakni teori kuantum yang menggunakan probabilitas matematis untuk memprediksi lokasi partikel gelombang dalam sistem kuantum.

    Dalam teori tersebut dijelaskan persamaan geombang adalah pengukuran yang tepat dan melibatakan percobaan pengukuran fisika yang rumit. Max Born kemudian menemukan, matriks atau susunan angka dengan baris dan kolom dapat menghasilan yang serupa, bergantung pada prediksi probabilitas.

    Sementara itu Google sendiri tak akan memasang Google Doodle hari tentang Max Born jika kedudukannya dalam peradaban manusia modern tidak teramat penting. Gambarnya yang ada di Google Doodle hari ini merupakan karya seniman tamu Kati Szilagyi. Gambar tersebut dibuat sebagai penghormatan terakhir untuk seorang fisikiawan jenius ini.

    Baca juga : Chandrasekhar, Pengembang Teori Bintang Kerdil Putih yang Hadir di Google Doodle Hari Ini!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here