Gempa Bumi 5,2 SR Guncang Sukabumi, Tidak Berpotensi Tsunami!

0
590
Gempa Sukabumi
Copyright ©okezponenews

Gempa Bumi 5,2 SR Guncang Sukabumi, Tidak Berpotensi Tsunami!

Indowarta.com – Gempa bumi dengan kekuatan 5,2 Skala Richter (SR) mengguncang Sukabumi, Jawa Barat Selasa, 12 Desember 2017. Namun meskipun demikian dipastikan jika gempa Sukabumi ini tak berpotensi tsunami.

Gempa ini juga diumumkan dalam situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dituliskan jika gempa terjadi pada pukul 09.23 WIB, Selasa, 12 Desember 2017. Titik gempa berada sejauh 37 kilometer Tenggara Sukabumi, Jawa Barat.

Sedangkan untuk kedalaman gempa Sukabumi ini berada dikisaran 113 kilometer. Lokasi gempa berada di 7,26 Lintang Selatan (LS) dan 106,99 Bujur Timur (BT). Gempa ini berskala II Modified Mercally Intensif (MMI).

WAJIB BACA :  PVMBG Sebut Gempa di Bali Berkaitan dengan Aktivitas Gunung Agung!

Maksud dari berskala II MMI ialah getaran dirasakan oleh sejumlah orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyag. Hingga kini belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa atau kerusakan akibat kejadian tersebut.

Gempa Sukabumi
Copyright ©dream

Sementara itu Sukabumi sendiri dipetakan sebagai daerah yang mempunyai risiko bencana mulai dari gempa bumi hingga tanah longsor. Hal ini didasarkan indeks risiko bencana Indonesia yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Hal ini dijelaskan langsung oleh Kepala pelaksana BNPB Kota Sukabumi, Asep Suhendrawan. ‘Berdasarkan indeks risiko bencana pada tahun 2013 lalu, Sukabumi beradadikelas risiko sedang dengan skor 114’ ujarnya saat dutemui Kamis, 7 Desember 2017.

Dari hasil tersebut menyebutkan jika Sukabumi memiliki indeks risiko tinggi empat jenis bencana. Keempat jenis bencana tersebut ialah gempa bumi, tanah longsor, kekeringan dan kebakaran pemukiman. Selain itu dari analisis di lapangan terutama dari sudut pandang geografis, Sukabumi juga memiliki potensi ancaman gunung meletus.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Dalam Dua Hari, Gunung Kidul Diguncang Gempa !

Wiayah Sukabumi sendiri berdekatan dengan gunung berapi yang masih aktif salah satunya Gunung Gede Pangrango. Hal tersebut bisa menjadi salah satu potensi ancaman bencana yang seharusnya mendapat perhatian dari semua pihak terkait terutama pemerintah.

Namun bencana yang kerap melanda salah satu wilayah di Jawa Barat ini ialah gempa bumi. Seperti gempa Sukabumi yang terjadi hari ini, meskipun tak menimbulkan korban jiwa, tapi masyarakat wajib terus waspada.

Pihak terkait sendiri juga sudah memberntuk tim reaksi cepat penaggulangan bencana (TRC-PB). Keberadaan tim ini melibatkan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan nantinya akan mempercepat penanganan bencana di lapangan.

Baca juga : Berita Terkini: Gempa Bumi Di Blitar dan Guncang Morowali yang Bikin Heboh Warga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here