Belum Sampai Puncaknya, Apa Solusi Anies Baswedan Sandiaga Uno Atasi Banjir Jakarta?

0
732
Banjir Jakarta
Copyright©liputan6

Belum Sampai Puncaknya, Apa Solusi Anies Baswedan Sandiaga Uno Atasi Banjir Jakarta?

Indowarta.com – Terlihat Senin siang, 11 Desember 2017 langit Jakarta diselimuti awan gelap yang seolah menjadi pertanda buruk. Banjir Jakarta sepertinya akan melanda, dan benar saja air yang seakan tumpah dari langit merendam jalan ibu kota.

Air yang datang itu membanjiri terowongan dan pemukiman warga bahkan menggenangi Bioskop Planet Hollywood. Bukan hanya air, angin kencang juga datang dan memecahkan kaca sejumlah gedung serta menumbangkan sejumlah pepohonan. Pepohonna yang tumbang tersebut merintangi jalan sehingga mancet parah pun tak terhindarkan.

Banjir Jakarta karena hujan deras yang tak kunjung berhenti itu melumpuhkan sebagian ibu kota. Bahkan tak berhenti hari itu saja, banjir pun terus berlanjut hingga Selasa, 12 Desember 2017. Himbauan pun dikeluarkan oleh Kepala Pusat Data Informasi (Kapusdatin) Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

WAJIB BACA :  Punya Lahan Kosong di DKI Jakarta? Begini Nih Syarat Dapat Diskon PBB dari Pemerintah

Sutopo meminta supaya warga Jakarta mewaspadai banjir karena menurutnya hujan deras yang terjadi mulai 11 hingga 12 Desember 2017 bukanlah puncaknya. ‘Diperkirakan hujan akan terus meningkat hingga bula Februari mendatang. Perlu dilakukan antisipasi karena biasanya puncak hujan terjadi pada bulan Janunari hingga Februari’ ujarnya saat ditemui di Jakarta pada Selasa, 12 Desember 2017.

Banjir Jakarta
Copyright©liputan6

Sutopo sendiri menerangkan jika Jakarta memang sejak lama rawan akan banjir. Bahkan daerah metropitan ini sudah kerap dilanda banjir sejak menyandang nama Batavia di era penajajahan. Namun kali ini ancaman semakin meningkat seiring alih lahan terjadi di wilayah Jabodetabek, sehingga daerah resapan air berkurang.

Sementara itu Guburnur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan sejumlah titik penyebab banjir. Dia mengungkapakan penyebab munculnya 31 titik banjir yang terjadi pada 11 Desemberr 2017. Penyebab terjadinya Banjir Jakarta ini ialah tidak berfungsinya aliran air, aliran terhambat diduga karena proyek pembangunan LRT dan MRT.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Mengintip Agenda Program Rumah Tanpa DP Anise Baswedan dan Sandiaga Uno !

‘Terlihat di Jalan Gatot Subroto genangan air cukup tinggi. Saya kemudian komunikasi dan melakukan cek langsung, ternyata masalahnya karena saluran air terhambat karena proyek pembangunan LRT dan MRT’ ujar Anies ketika ditemui di Balai Kota Jakarta pada Selasa, 12 Desember 2017.

Anies pun telah menyampaikan jika Dinas Sumber Daya Air telah mengingatkan pihak proyek. Pihak proyek LRT dan MRT diingatkan untuk segera menyelesaiakan tali permasalaahan air yang terhambat karena proyek pembangunan yang dilakukan mereka. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai solusi dan hal tersebut terangkum dalam tiga tahap yakni Siaga, Tanggap dan Galang.

Dengan menjalankan tiga hal itu, dia berharap banjir Jakarta tidak kembali. Bukan hanya itu saja, Anies mengungkapkan akan memaksimalkan 145 rumah pompa, 152 pompa stasioner dan 150 pompa untuk menyedot genangan.

Baca juga : Rencana Anies Baswedan dan Sandiaga Uno Untuk Urai kemacetan di Tanah Abang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here