Gempa Bumi Guncang Wilayah Selatan Pulau Jawa, Peringatan Tsunami Dihentikan!

0
455
gempa
Copyright©iwarta

Gempa Bumi Guncang Wilayah Selatan Pulau Jawa, Peringatan Tsunami Dihentikan!

Indowarta.comGempa bumi kembali mengguncang wilayah Tanah Air tepatnya wilayah Selatan Pulau Jawa. Gempa tersebut terasa di wilayah Sukabumi, Jawa Barat selama beberapa kali pada Jumat, 15 Desember 2017 sekitar pukul 23.00 WIB.

Mengenai gempa ini juga dianalisis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Disebutkan oleh BMKG jika gempa bumi terjadi pada pukul 23.04 WIB dengan kekuatan 4,5 Skala Richter (SR).

Titik koordinat gempa ini terletak di 7,29 Lintang Selatan (LS) dan 106.69 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berjarak 48 kilometer Barat Daya Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman mencapai 50 kilometer diatas permukaan laut.

Mengenai gempa ini juga disamapaikan langsung oleh Kepla BMKG Wilayah II Tagerang Selatan. ‘Dampak gempa bumi berupa guncangan yang dirasakan di wilayah Sukabumi dan sekitarnya. Itu terlihat dari peta tingkat guncangan BMKG’ ujarnya melalui keterangan tertulis pada Jumat, 15 Desember 2017.

gempa
Copyrigth©merdeka

Dari informasi yang didapat getaran dirasakan di daerah Jampang dan Surade I SIG BMKG (I-II MMI). Namun meskipun demikan belum ada laporan adanya kerusakan. Belum ada laporan kerusakan rumah warga akibat gempa di Sukabumi ini.

Sedangkan jika ditilik dari kedalaman hiposentrumnya, gempa ini merupakan gempa bumi dengan kedalaman dangkal. Gempa teradi akibat aktivitas lempeng Indo-Australia yang menyelinap ke bawah Lempeng Eurasia yang mengakibatkan dermasi batuan.

Hasil pengamatan BMKG hingga saat ini menunjukan jika belum adanya gempa bumi susulan. Namun meskipun begitu masyarakat khsusunya di daerah Sukabumi dihimbau agar tetap tenang dan tetap waspada.

Sementara itu peringatan tsunami yang disebabkan oleh gempa berkekuatan 6,9 SR di sejumlah wilayah di Pulau Jawa pada Jumat, 15 Desember 2017 sekitar pukul 23.00 WIB kini dinyatakan berakhir. Hal tersebut juga dijelaskan oleh Kapusdatin Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter-nya. Dia menuliskan jika peringatan dini Tsunami disebabkan oleh gempa dengan magnitudo 6.9 SR pada Jumat, 15 Desember 2017 telah dicabut.

‘Peringatan dini Tsunami yang disebabkan oleh gempa tanggal 15-Dec-2017 pukul 23:47:58 WIB dengan mag:6,9 SR dinyatakan berakhir pada tanggal 16-Dec-2017. Masyarakat sendiri dihimbau untuk pulang kerumah maisng-masing dan cek rumah sebelum masuk’ tulis akun @sutopo_BNPB.

Baca juga : Tak Hanya Di Jakarta, Gempa Juga Menguncang Gorontalo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here