Tak Lolos Verifikasi, Partai Berkarya dan Partai Garuda Konsultasi Ke Bawaslu!

0
1074
Banwaslu
Copyright ©rmolsumsel

Tak Lolos Verifikasi, Partai Berkarya dan Partai Garuda Konsultasi Ke Bawaslu!

Indowarta.com – Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan penelitian administrasi perbaikan dari dokumen dari 14 partai politik calon peserta Pemilu 2019, menyatakan kalau ada dua partai politik yang tidak lolos verifikasi tersebut, yaitu Partai Berkarya dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda).

BACA JUGA : Airlangga Hartarto Sebaiknya Mundur dari Menteri demi Golkar?

Mengenai hal itu, Komisioner KPU RI Hasyim Asy’ari  mengatakan, kalau Partai Berkarya dan Partai Garuda tidak dapat melanjutkan ke verifikasi faktual, hal itu karena sejumlah syarat dokumen pendaftaran keanggotaan dinyatakan tidak memenuhi batas minimalnya, yang mencapai 1000 atau 1/1000 dari jumlah penduduk.

“KPU kabupaten/kota melakukan penelitian, analisis kegandaan, baik internal maupun eksternal, dan dilakukan faktual nama-nama yang muncul ganda tersebut, kemudian diambil kesimpulan mana yang memenuhi syarat dan mana yang belum memenuhi syarat. KPU memberikan waktu 14 hari untuk perbaikan, hasilnya diteliti ulang, dan hasilnya dilaporkan ke pusat,” ujar Hasyim Asy’ari saat mengumumkan hasil penelitian administrasi perbaikan atas dokumen dari 14 partai politik, di ruang sidang utama KPU RI, dikutip dalam situs KPU, Jumat (15/12/17).

KPU
Copyright©tstatic

Menanggapi adanya keputusan itu, Partai Berkarya dan Partai Garuda telah mendatangi Banda Pengawas Pemilu (Banwaslu). Kedatangan kedua parpol ini untuk melakukan konsultasi usai mereka tidak dinyatakan lolos dalam verifikasi Pemilu.

BACA JUGA : Tampung Mantan Jokowi, Gerindra Dinilai Tak Mampu Lahirkan Kader Potensional!

“Sudah datang untuk berkonsultasi,” ucap anggota Bawaslu Rahmat Bagja, Jumat (15/12/17)

Kedatangan kedua parpol tersebut, kata Rahmad, mengonsultasi mengenai tata cara permohonan sengketa. Karena dinyatakan tidak lolos oleh KPU dalam verifikasi itu, rencannya Partai Berkarya dan Partai Garuda akan mengajukan gugatan pada Senin (18/12/17).

“Mengenai bagaimana tata cara permohonan sengketa, info terakhir yang kami terima (akan mengajukan gugatan) hari Senin,” tutur Rahmat.

Disamping itu, untuk melakukan pengajuan sengketa ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya adalah keputusan (SK) atau berita acara yang telah diserahkan oleh KPU. “Alat bukti, syarat surat permohonan, SK atau berita acara, dan ada beberapa syarat lagi mengenai legal standing pemohon,” kata Bagja.

BACA JUGA : Partai Berkarya ‘Tommy Soeharto’ Optimis Masuk 5 Besar di Pemilu 2019!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here