Demokrat Akan Koalisi dengan Golkar di Pilkada Jabar?

0
414
Demokrat
Copyrigth ©netralnews

Batal Dukung Ridwan Kamil Golkar Akan Koalisi dengan Demokrat di Pilkada Jabar?

Indowarta.com – Kini Golkar masih mencari partai lain untuk berkoalisi menyusul partainya membatalkan dukungan ke Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil untuk maju dalam Pilkada Jabar. Demokrat pun bereaksi melihat tersebut.

Partai Demokrat pun mempersihkan partai berlambang pohon beringin itu merapat ke kubunya untuk mendukung Dedi Mizwar di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Hal itu disampaikan oleh Sekertaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan.

‘Silahkan saja, kalau Golkar mau gabung tentu itu sangat baik sekali’ ujarnya saat ditemui setelah acara diskusi di bilangan SCBD, Jakarta pada Senin, 18 Desember 2017.

Hinca menuturkan dukungan koalisi merupakan keniscayaan dan menuurtnya Demokrat sebagai partai terbuka tentu membuka peluang bagi siapapun untuk bergabung tak terkecuali Golkar. ‘Ada partai yang gabung silahkan saja, kami terbuka. Bukannya koalisi itu keniscayaan? iya tidak?’ sambungnya.

Ridwan Kamil
Copyright ©kumparan

Sementara itu Partai Golkar saat ini masih gamang terkait pemilihan gubernur Jawa Barat usai pencabutan dukungan atas Ridwan kamil. Golkar mencabut dukungannya pada keputusan yang tertera dalam surat berjudul pencabutan Surat Pasangan Calon Kepala Daerah Provinsi Jawa Barat bernomor R-552/GOLKAR/XII/2017.

Terkait pencabutan Ridwan Kamil tersebut juga disampaikan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto. Menurutnya pencabutan tersebut sudah melalui kajian mendalam dan dia juga menepis adanya timbal balik dalam putusan tersebut.

‘Kalau disebut timbal balik itu sesudah munas, tapi ini kan sebelum munas. Jadi kalau disebut timbal bali sepertinya tidak’ ujar Airlangga saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta pada Senin, 18 Desember 2017.

Dikabarkan nama Dedi Mulyadi akan menggantikan Ridwan Kamil, namun Airlangga sendiri tak mau menyebutkan Dedi sebagai calon pengganti. Dia mengatakan jika semua akan dibahas dalam Musyawarah Luar Biasa (Munaslub).

Pencabutan dukungan terhadap Ridwan Kamil sendiri karena tak ada komunikasi yang terjalin usai ditetapkan. Selain itu juga tak ada kejelasan terkait surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar.

Sementara Demokrat sendiri telah menyatakan dukungannya kepada Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu (Demiz-Syaikhu) untuk maju dalam Pilkada Jabar 2018. Surat kesepakatan bersama pengusung cagub dan cawagub itu telah ditandatangani DPD Demokrat Jabar, DPW PKS Jabar dan DPW PAN Jabar.

Baca juga : Tak Konsisten Jadi Alasan Golkar Cabut Dukungan Untuk Ridwan Kamil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here