Tak Dukung Kadernya Jadi Cawagub, PKB ultimatum Ridwan Kamil!

0
513
Copyright ©instagram/ridwankamil

Tak Dukung Kader PKB Jadi Cawagub, Ridwan Kamil Di Ultimatum!

Indowarta.com – Setelah Partai Golkar, kini giliran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dikabarkan akan menarik dukungan terhadap Ridwan Kamil. PKB mengancam akan menarik dukungannya untuk Kang Emil sebagai bakal calon guberur Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Bendahara Umum DPP PKB, Rasta Wiguna. Dia mengatakan jika para kiai dan petinggui partainya sudah gerah sebab Kang Emil tidak segera memutuskan pendampingnya pada Pilkada Jabar 2018.

Rasta mengatakan jika Wali Kota Bandung tersebut mendapatkan sorotan PKB karena hal tersebut. ‘Ridwan Kamil mendapat sorotan partai terutama para kiai karena mengulur-ulur waktu. Jika demikian kemungkinan Ridwan Kamil tak akan mendapatkan rekomendasi dari tokoh-tokoh Jawa Barat’ ujarnya melalui keterangan tertulis pada Selasa, 19 Desember 2017.

WAJIB BACA :  Prediksi PKB Terkait Munculnya Poros Ketiga Dalam Pilpres 2019

Menurutnya Kang Emil mesti cepat karena dia juga sudah bisa memilih wakil yang akan menemaninya maju dalam Pilkada Jabar 2018. Hal itu merujuk ke rekomendasi para tokoh Jabar yang melakukan telaah yang diajukan oleh partai pengusunganya.

Ridwan Kamil
Copyright©tstatic

Dari telaah yang dilakukan oleh tim panitia seleksi (Pansel) pada Minggu, 17 Desember 2017, calon pendamping Kang Emil menempatkan politisi PKB, Maman Imanulhaq di urutan pertama. Kemudian dibawahnya diikuti oleh politisi Partai Nasdem, San Mustafa dan politisi PPP, Uu Ruzhanul Ulum.

Sedangkan tim pansel yang dibentuk Ridwan Kamil terdiri dari 10 tokoh Jabar yang dipimpin oleh mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Erry Riyana Harjapamekas. Sedangkan anggota pansel antara lain Tjetje Padmadinata, Betti Alisjahbana dan Aat Soeratin.

WAJIB BACA :  PDIP Punya Cukup Alasan Untuk Usung Ridwan Kamil di Pilkada Jabar!

Akan tetapi Rasta kecewa dengan sikap Wali Kota Bandung tersebut karena tak segera menentukan pilihan meskipun sudah mendapatkan rekomendasi dari para tokoh Jabar. Menurutnya hal tersebutlah yang membuat para kia geram dan marah.

Rasta mengatakan jika PKB sangat menghormati suara para kiai dan pihak partai siap menarik dukungan jika Emil tak mengindahkan rekomendasi para tokoh Jabar. Selain PKB, sebelumnya partai Golkar telah mencabut dukungan kepada Emil karena tak kunjung menentukan cawagub untuk menemaninya maju dalam Pilkada Jabar 2018.

Sementara itu jika PKB benar-benar mencabut dukungannya, maka Ridwan Kamil tak akan mempunyai cukup kursi untuk maju dalam Pilkada Jabar 2018. Pasalnya gabungan dua partai lainnya yakni Nasdem dan PPP hanya mengantongi 14 kursi dan itu kurang karena syarat minimal yang ditentukan adalah 20 kursi.

Baca juga : Ridwan Kamil Dicampakkan Golkar Karena Dedi Mulyadi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here