KPK Bakal Panggil 3 Politikus PDIP dalam Sidang Setya Novanto, Siapa Saja?

0
1482
Setya Novanto
Copyrigth ©metronews

Sidang Setya Novanto KPK Isyratkan Akan Panggil 3 Politikus PDIP, Siapa Saja?

Indowarta.com – Sidang kasus dugaan korupsi proyek E-KTP dengan terdakwa Setya Novanto akan terus berlanjut. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana akan menghadirkan sejumah nama yang sebelumnya hilang dalam dakwaan Novanto.

KPK berencana memanggil tiga politikus PDI Perjuangan yang hilang pada dakwaan Novanto dalam persidangan. Ketiga politikus PDIP tersebut yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey.

Seperti diketahui ketiga nama politikus PDIP tersebut pernah disebutkan dalam dakwaan sejumlah tersangka lain kasus E-KTP. Nama mereka disebut menerima aliran dana kasus E-KTP dengan terdakwa Imran, Sugiharti dan Andi Agustinus alias Andi Naronggong.

WAJIB BACA :  PDIP Jatim Pertegas Tak Adanya Mahar Politik Untuk Calon Kepala Daerah!

Hal ini juga diungkapkan oleh Juru bicara KPK, Febri Diansyah saat ditemui di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selaytan pada Selasa, 19 Desember 2017. ‘Sebenarnya sebagian dari mereka telah dipanggil dalam tahap penyidikan. Jika memang dibutuhkan, bukan tidak mungkin pemanggilan akan kami lakukan’ ujarnya.

Setya Novanto
Copyright©wartakota

Febri menambhkan dalam persidanagan Kasus E-KTP dengan terdakwa Setya Novanto sejumlah hal penting difokuskan oleh Jaksa penuntut KPK. Beberapa hal penting tersebut diantaranya mengenai pembahasan anggaran dan pengadaan proyek E-KTP serta soal dugaan aliran dana dari pihak lain.

Menurutnya pengusutan kasus korupsi besar ini tidak akan berhenti di mantan Ketua DPR RI saja. Febri mengatakan jika KPK akan menjerat sejumlah pihak lain yang ikut menikmati aliran dana dari korupsi yang merugikan negara hingga Rp 2.3 triliun tersebut.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Kena Dua Surat Peringatan KPK, Novel Baswedan Jadi Saksi Kasus E KTP?

‘Kasus E-KTP ini memang terdiri dari beberapa dimensi, dalam persidnagan kami akan fokus dimana karena untuk pembuktian pebuatan kesalahan masing-masing terdakwa’ ujar Febri.

Semenatra itu dalam sidang sebelumnya kembali menguak dakwaan Setya Novanto. Dari dakwaan jaksa, sejumah uang dengan jumah fantastis mengalir ke orang lain dan korporasiatau memperkaya orang lain. Akibatnya negara dirugikan hingga Rp 2,3 triliun.

Jaksa mengatakan ada sejumlah pihak yang diperkaya oleh Novanto yakni Imran, Sugiharto dan Andi Agustinus yang telah ditetapkan menjadi tersangka terlebih dahulu. Selaian itu ada nama lain yakni Mendagri Gamawan Fauzi, Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni, Drajat Wisnu Setiawan dan enam anggota panitia pengadaan barang dan jasa.

Baca juga : Komentar Najwa Shihab Soal Drama Persidangan Setya Novanto!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here