Mobil Listrik Rakitan Mahasiswa ITS ini Bakal Dicoba Jokowi!

0
2490
mobil listrik
Copyright ©Okezone

Mahasiswa ITS Berhasil Membuat Mobil Listrik dan Bakal Dicoba oleh Jokowi

Indowarta.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan uji coba terhadap mobil listrik yang merupakan rakitan dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di Jalan Tol Surabaya Mojokerto. Mobil yang bernama Ezzy ini rencannya akan langsung dikendarai oleh Presiden pada saat peresmian Jalan Tol Surabaya-Mojokerto yang memiliki panjang mencapai 15,5 km.

BACA JUGA : Meskipun Ada faksi, Golkar Tetap Komitmen Dukung Pemerintahan Jokowi

Sebelum dijajal oleh Jokowi di jalan tol tersebut, yang berkesempatan untuk terlebih dahulu melakukan uji coba pada mobil listrik besutan Dosen ITS Nur Yuniarto dan timnya ini adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono.

WAJIB BACA :  Jokowi Beri Penghargaan Kepada 3 Anggota Polri Ini Bintang Bhayangkara Nararya!

Setelah mengendari langsung mobil listrik itu, Menteri PUPR menyatakan kalau dirinya cukup terkesan dengan performa yang telah ditunjukkan oleh Ezzy dan mengaku kalau mobil tersebut tetap terasa nyaman saat di tumpangi.

“Tadi saya coba kecepatan 60 km/jam. Rasanya nyaman dan seperti kebanyakan mobil lain, halus. Tidak beda jauh dengan mobil standar lainnya,” kata Menteri Basuki di Mojokerto, Selasa (19/12/17).

mobil listrik.
Copyright ©abarky.blogspot

Sedangkan berdasarkan penyataan dari Nur Yuniarto, mobil listrik itu mampu melaju dengan kecepatan 60 km hingga 100 km/jam dan telah dipasangkan kapasitas listrik yang mencapai 20 kilovolt. Proyek yang dimulai sejak tahun 2014 in akan terus dikembangkan oleh ITS.

BACA JUGA : Antara Honda PCX dan Yamaha NMAX, Jagoan Mana?

“Kami akan terus sempurnakan, saat ini kami masih mengandalkan sponsor untuk uji coba sampai benar-benar siap,” tuturnya.

WAJIB BACA :  Aparatur Sipil Negara Diminta Presiden Jokowi Untuk Terus Kepo

Dia mengatakan, sekarang ini selain mobil listrik, ITS juga sedang berfokus terlebih dahulu pada penyempurnaan motor listrik. Pasalnya, jika tenaga listrik pada kendaraan roda dua itu habis maka masih ada cadangan tenaga listrik lainnya.

“Sebenarnya yang paling sempurna itu sepeda motor. Sebab kalau baterainya habis bisa ada baterai cadangan. Berbeda dengan mobil yang membutuhkan infrastruktur untuk pengisian dayanya,” jelasnya.

Mengenai pengisian daya baterainya, mobil listrik ini membutuhkan waktu selama 10 jam. “Maksimal bisa sampai Jakarta-Surabaya dengan kecepatan rata-rata 60 sampai 100 km/jam,” tutupnya.

BACA JUGA : Honda PCX 150 Beda Konsep Jika Dibandingkan Yamaha NMAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here