Akhir Dukungan Golkar Untuk Ridwan Kamil!

0
395
Ridwan Kamil
Copyright ©kumparan

Dukungan Golkar ke Ridwan Kamil Berakhir!

Indowarta.com – Partai Golkar secara resmi telah mencabut dukungan untuk bakal calon gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Pencabutan tersebut ditandai dengan keluarnya surat dengan judul ‘Pencabutan Surat Pengesahan Pasangan Kepala Daerah Provinsi Jawa Barat’ tertanggal 17 Desember 2017.

Dalam surat tersebut ditandatangni oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto dan Sekertaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Idrus Mahram. Airlangga sendiri mengatakan pencabutan dukungan terhadap Kang Emil telah melalui tiga tahap kajian yang mendalam.

Menurutnya semua keputusan diambil sesuai dengan pertimbangan yang matang dan tidak ada politik timbal balik. Dengan dicabutnya Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur Jabar 2018, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Golkar Jawa Barat segera menindaklanjuti kebijakan tersebut.

Salah satu yang dilakukan oleh DPD Golkar yakni dengan mengirim surat penjelasan mengenai pencabutan dukungan terhadap Kang Emil. Dengan demikian bisa dikatakan jika dukungan Golkar terhadap pria yang saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung tersebut berubah haluan.

ridwan kamil
Copyrigth©Harian Indo

Seperti diketahui pada tanggal 24 Oktober 2017, Ketum Golkar saat itu masih Setya Novanto menandatangani surat keputusan rekomendasi DPP Golkar terhadap pencalonan Ridwan-Daniel. Kemudian pada tanggal 9 November 2017 Golkar mendeklarasikan dukungan pada keduanya. Namun pada tangal 17 Desember 2017 Partai Golkar mencabut dukungan pada Ridwan Kamil dan Dhaniel Muttaqien.

Selain itu alasan dalam surat pencabutan dukungan terhadap Ridwan Kamil tersebut juga dijelaskan oleh Wakil Ketua DPD Golkar Jawa Barat Muhammad Qudrat Iswara. Dalam surat tersebut menyebutkan jika tidak ada komunikasi antara Emil dengan Golkar setelah penetapan dukungan.

‘Tak ada komunikasi dari bapak Ridwan Kamil dengan DPD Golkar setelah surat rekomendasi dikeluarkan hingga batas waktu yang ditentuan 25 November 2017. Itulah yang ada dalam surat tersebut’ ujar Iswara saat ditemui di Hotel Sultan, Gelora, Jakarta Pusat pada Minggu, Desember 2017.

Menurut Iswara selain tak adanya komunikasi, Golkar menilai Kang Emil lamban merespon keinginan partai. Sebelumnya Golkar menginginkan Emil untuk segera menentukan bakal calon gubernur yang akan menemaninya dalam Pilgub Jabar 2018. Namun hal tersebut tak ditanggapi oleh Wali Kota Bandung hingga batas waktu yang ditentukan yakni 25 November 2017.

Baca juga :  Tak Dukung Kadernya Jadi Cawagub, PKB ultimatum Ridwan Kamil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here