Setelah Badai, Fenomena Aneh Awan Payudara yang Menghiasi Langit Melbourne!

0
917
Copyright ©Liputan6

Fenomena Aneh Awan Payudara Terjadi Karena Udara Dibalik Awan

indowarta.com– Penduduk di Melbourne, Victoria baru-baru ini mendapati sebuah fenomena aneh setelah badai menerjang wilayah mereka pada tanggal 19 Desember 2017, yakni adanya sebuah wan mammatus atau biasa disebut sebagai Awan Payudara. Wah seperti apa ya?

Dilansir dari BBC Australia Plus, pada hari Kamis (21/12/17), fenomena ini terjadi saat badai petir baru saja menyapu negara bagian Victoria. Banjir bandang dan juga pemadaman listrik pun terjadi di kawasan tersebut.

Baca juga: Keanehan Gempa Vulkanik di Gunung Agung!

Badai ini telah memasuki kawasan pusat bisnis (CBD) di daerah Melbourne pada saat jam makan malam.  Saat itu banyak orang sedang menikmati makan malam sambil bersantai dengan keluarganya, namun tiba-tiba perhatian mereka teralihkan saat melihat penampakan Awan Payudara ini.

Copyright ©Liputan6

Pasalnya fenomena tersebut membuat langit begitu menyilaukan, dan banyak warga yang mengambil ponsel mereka lalu memfoto fenomena ini untuk dibagikan ke sosial media. Dean Marramore selaku Prakirawan cuaca dari Biro Meteorologi mengatakn jika awan melingkar yang terjadi di Melbourne itu adalah awan Mammatus atau Awan Payudara.

Baca juga: Aneh, Remaja Pria Ini Melahirkan Bayi Jenis Kelamin Laki Laki!

“Ini adalah nama latin dan itu berarti payudara, ambing atau kelenjar susu.  Pada dasarnya, seperti itulah penampilan mereka.” kata Marramore.

Dan terbentuknya Awan Payudara ini karena ada udara dingin yang tenggelam dibawah awan. Terdapat banyak sekali udara yang naik ke badai dan kemudian beberapa lainnya mencoba untuk mengendap.

“Mereka biasanya terbentuk di balik badai petir yang parah seperti yang kita alami tadi malam. Anda mendapatkan banyak udara naik ke badai dan kemudian beberapa di antaranya mencoba untuk mengendap kembali.” Tegas Marramore.

Dan Marramore manambahkan, jika formasi awan yang aneh tersebut sangat jarang terjadi, dan pada umumnya akan berlangsung selama 15 – 20 menit. Dan ia juga menambahkan jika penampakan dari Awan Payudara ini sangat mengesankan, karena mereka terjadi pada saat matahari terbenam.

Baca juga: Penampakan Phaethon 3200, Asteroid Aneh Induk dari Hujan Meteor Geminid!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here