Tidur Dekat Smartphone Dapat Memicu Kanker Otak?

0
486
Tidur Dekat Smartphone
Copyright ©beritaklik

Salah Satu Pemicu Kanker Otak Apakah Kebiasaan Sering Tidur Dekat Smartphone?

Indowarta.com – Dalam sebuah studi menyatakan smartphone aktif yang dekat dengan seseorang yang sedang tidur akan beresiko mengganggu kesehatan. Yang dapat membahayakan salah satunya adalah radiasi yang dipancarkan dari antena smartphone tersebut, terlebih kebiasaan ini dapat memicu terjadinya resiko kanker otak.

BACA JUGA : Gejala Kanker Kulit yang Tak Terlihat Sebelumnya!

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah studi tersebut valid atau benar terbukti jika akan menyababkan kanker otak? Tim dokter California Department Public Health, Amerika Serikat (AS) telah memebanarkan hasil dari studi itu. Mereka menilai kalau sinyal radiasi yang dipancarkan smartphone terdiri dari emisi radiofrekuensi (RF), yang biasanya berguna untuk melakukan transfer informasi.

Seperti halnya yang telah dilansir dari The Independent, Kamis (20/12/2017), emisi RF merupakan emisi yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak pengguna smartphone jika diletakkan jarak dekat. Namun hal itu tidak akan terjadi jika berjarak jauh.

“Emisi ini lebih mudah merusak otak anak-anak ketimbang dewasa. Efek dari emisi bahkan bisa berlangsung lama dan menganggu perkembangan otak mereka,” tulis dalam studi itu.

Tidur Dekat Smartphone.
Copyright ©anekatop10.

Mengenai apakah memang benar adanya emisi radiasi pada smartphonedapat menyebabkan kanker otak, menurut tim dokter hal itu dapat saja terjadi dengan sejumlah kemungkinan yang terjadi.

BACA JUGA : Untuk Sembuh Total, Pasien Kanker Payudara Harus Dapat Dukungan Psikis!

“Salah satu kemungkinan (terbesar) adalah eksposur emisi radiasi smartphone bisa merusak otak dan menyebabkan anomali sel-sel otak, ujung-ujungnya bisa menyebabkan tumor atau bahkan kanker di otak atau telinga,” sambungnya.

Selain dapat menyebabkan kanker otak, studi tersebut menyebutkan para pengguna yang membiasakan diri mendekatkan smartphone mereka saat tidur juga akan beresiko terkena Hypervigilance, salah satu gejala otak yang dapat membuat penderitanya merasakan ketegangan dan kewaspadaan secara terus menerus.

“Untuk pengalaman tidur yang nyaman, Anda harus merasa aman dan tidak khawatir tentang apa pun, khususnya smartphone Anda,” ungkap ilmuwan dari Leeds University, Dr Neil Stanley.

“Dengan smartphone yang berada di dekat Anda pada malam hari, secara sadar Anda pasti ingin menggunakan benda tersebut. Otak akan memantau situasi tidur Anda, tidur akan menjadi lebih mudah terganggu,” lanjut dia.

BACA JUGA : Warna Tahi Lalat Berubah, Bisa Jadi Pertanda Kanker Kulit?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here