Kenapa Jokowi Sering Jadi Sasaran Petisi Online?

0
1483
Jokowi-JK
Copyright ©nasionalkompas

Alasan Dibalik Banyak Pertisi Online yang Menyasar Kepada Jokowi

Indowarta.com – Change.org menyatakan terkait alasan kenapa banyak petisi online yang disasarkan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam kurun waktu satu tahun ini. Dinilainya, ada banyak netizen yang mendesak supaya presiden segera memberikan perubahan.

BACA JUGA : Komentar Jokowi Saat Jajal Mobil Listrik Karya Anak Bangsa!

Campaigns Associate Change.org Indonesia Dhenok Pratiwi mengungkapkan, dibalik banyaknya petisi online yang sudah dialamatkan kepada Jokowi, dikarenakan adanya sejumlah isu-isu yang muncul lebih banyak di sepanjang tahun ini, hal itu berkaitan dengan eksekutif atau pemerintahan.

“Tahun ini kebanyakan isu-isunya menyangkut eksekutif sehingga ditujukan kepada Jokowi,” ungkapnya di sela press conference di Jakarta, Kamis (21/12/17).

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Untuk Pertama Kalinya, Jokowi Sambut Kepala Negara di Bandara !

Change.org sudah merangkum sejumlah itu disepanjang tahun 2017 yang telah dialamatkan kepada Jokowi, ada 59 petisi yang telah muncul, dimana hal itu yang paling banyak diantara tokoh lain di Indonesia.

Selain Jokowi, netizen juga sudah menyasar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dengan jumlah petisi mencapai 14. Disusul perusahaan ada 12 petisi, serta DPR dengan 10 petisi, serta pada kepolisian berjumlah 9 petisi.

Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Jokowi
Copyright ©Antara

Sebelumnya, hal yang sama juga telah terjadii, dimana Jokowi mendapatkan petisi di internet paling banyak diantara yang lain. Pada tahun itu jumlahnya mencapai 74 petisi, yang sudah mengungguli Kapolri 31 petisi, perusahaan 21 petisi, serta ada 17 petisi untuk DPR.

WAJIB BACA :  Pernyataan Jokowi Dianggap Mendorong Kekerasan, Jubir Beri Tanggapan !

BACA JUGA : Anies Baswedan, Bukan Mentertibkan PKL Tanah Abang, Tapi Menfasilitasi!

Sedangkan untuk dua tahun sebelumnya, ada pergantian siapa tokoh yang palig banyak mendapatkan petisi di internet. Untuk periode 2014 dan 2015 bukan Jokowi yang paling banyak mendapatkan petisi, melainkan kepada DPR dan Kapolri.

Pada tahun 2014 misalnya, DPR sudah mendapatkan tandatangan sebenyak 197.836. Untuk periode tahun itu, Change.org lebih menilainya dari jumlah tandatangan. Kemudian disusul Makamah Konstitusi sebanyak 172.019 tandatangan, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mencapai 164.020 tandatangan, sedangkan Jokowi mendapatkan 96.732 tandatangan.

Untuk tahun 2015, banyak petisi yang sudah menyasar Kapolri hingga mencapai 415.989 tandatangan. Kemudian disusul Jokowi-JK sebanyak 395.762 tandatangan, DPR mencapai 347.202 tandatangan, sedangkan Pemda sebanyak 256.176 tandatangan.

BACA JUGA : Kata Menteri Rudiantara Soal GoJek Diterpa Isu Monopoli!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here