Andi Narogong Terbukti Berikan Jam Mewah Senilai Rp 1.3 M Pada Setya Novanto!

0
579
Andi Naronggong
Copyright ©kumparan

Andi Narogong Telah Divonis Hukuman Penjara 8 Tahun

Indowarta.com – Terdakwa kasus korupsi pengadaan proyek e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong telah vonis hukuman penjara 8 tahun penjara. Selain itu, dia juga harus mengembalikan uang sebesar US$ 2,5 juta atau 1 miliar.

BACA JUGA : Andi Narogong Divonis 8 Tahun BUI, Kenapa Tak Ajukan Banding?

Seperti yang telah ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Jumat (22/12/17), Majelis Hakim Tipikor yang dipimpim John Halasan Butar-Butar menilai Andi Narogong terbukti terlibat dalam kasus korupsi pengandaan e-KTP yang merugikan uang negara hingga triliunan rupiah.

Dalam proses proyek tersebut, dia memiliki peran sebagai perantara antara pejabat di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan Setya Novanto serta beberapa anggota DPR. Tidak hanya itu, Andi Narogong juga sudah terbukti memberikan jam tangan mewah Richard Mille kepada Novanto yang diketahui memiliki nilai mencapai Rp 1,3 miliar.

WAJIB BACA :  Ketika Fahri Hamzah Beberkan Pengakuan Setya Novanto Soal 'Campur Tangan' Jokowi di Kasus E KTP!

Sehingga dengan itu, terdakwa telah divonis hukuman penjara delapan tahun. Selain itu, pria yang merupakan seorang pengusaha ini harus mengembalikan uang kerugian negara yang mencapai US$ 2,5 juta atau setara dengan Rp 1 miliar.

Andi Narogong
Copyright ©kbr.id

Mejelis Hakim mengatakan, jika Andi Narogong tidak mampu mengembalikan uang kerugian tersebut maka asetnya akan disita. Dengan vonis itu, sudah mempertimbangkan terdakawa yang telah Justice Collaborator lantaran sudah memberikan keterangan terkait dengan sejumlah pihak yang terlibat dalam aliran dana dari hasil korupsi pengandaan proyek e-KTP.

BACA JUGA : Ekspresi Setya Novanto Saat Dengarkan Eksepsi Sidang Hari Ini!

Vonis yang telah dijatuhkan ini sama dengan apa yang telah didakwakan oleh jaksa penuntut umum, yang sudah menuntut 8 tahun penjara serta denda sebesar Rp 1 miliar dengan subside 6 bulan kurungan penjara.

WAJIB BACA :  Menolak Mundur Dari Ketua DPR, Apa Maksudnya Setya Novanto?

“Menyatakan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindakan pidana korupsi secara bersama-sama. Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara 8 tahun dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan,” kata ketua majelis hakim di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Dalam hal ini, hakim menilai kalai Andi Narogong sudah melanggar pasal Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Andi merupakan terdakwa ketiga dalam kasus e-KTP ini.

BACA JUGA : Dwina Michaella, Putri Setya Novanto Penuhi Panggilan KPK!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here