Khasiat Buah Tomat yang Menakjubkan Buat Para Mantan Perokok

0
1923
Tomat
Copyright©programfitnes

Khasiat Buah Tomat Memberikan Kesehatan Paru-paru yang Lebih Baik

Indowarta.com – Tomat mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang. Bahkan jika anda ketahui khasiat buah tomat ini sangat besar untuk tubuh manusia. Khususnya kepada orang dewasa, karena dengan mengonsumsi dua buah dalam sehari maka dapat memperlambat penurunan fungsi paru-paru.

BACA JUGA : Awas, Kacang Tanpa Kulit Ternyata Bisa Sebabkan Kanker Lho!

Berdasarkan studi dari Johns Hipkins Blooberg School ol Publik Health menilai, fungsi paru-paru yang lebih lambat akan terjadi kepada orang orang dewasa, khususnya kepada seorang mantan perokok.

Adanya penurunan fungsi dari salah satu organ tubuh tersebut akan dapat berkaitan dengan resiko kematian, khususnya pada penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK), kanker paru-paru, penyakit jantung.

Kondisi tersebut akan tergambarkan setelah seseorang mengonsumsi khasiat buah tomat secara rutin. Hasil penemuan itu telah diterbitkan dalam European Respiratory Journal pada tanggal 23 Desember 2017.

Tomat
Copyright©liputan6

“Studi ini menunjukkan, makan lebih dari dua tomat sehari bantu memperbaiki kerusakan paru pada orang-orang yang telah berhenti merokok. Hal ini juga menunjukkan, makanan yang kaya buah dapat memperlambat proses penuaan alami paru-paru. Efek positif juga berlaku pada Anda yang bukan perokok,” ungkap Vanessa Garcia-Larsen, asisten profesor di Bloomberg School’s Department of International Health, seperti dikutib dari Medical Xpress, Jumat (22/12/17).

BACA JUGA : Pentingnya Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini!

Dalam penelitian yang dilakukan ini, para peneliti menilai manfaat khasiat buah tomat terhadap paru-paru kepada 650 orang dewasa sejak tahun 2002. Untuk tes fungsi paru-paru pada peserta yang sama akan dilakukan kembali setelah 10 tahun kemudian.

Sejumlah peserta yang berasal dari beberapa negara itu tidak hanya diamati pada saat mengonsumsi khasiat buah tomat saja. Namun para peserta juga melakukan spirometri, yaitu prosedur yang dapat digunakan untuk mengukur kapasitas paru-paru menarik oksigen.

Untuk mantan perokok setelah mengonsumsi tomat, mengalami penurunan fungsi paru-paru lebih lambat 80 ml dalam 10 tahun. Dengan ini menunjukkan kalau khasiat buah tomat dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi di paru-paru akibat merokok.

“Fungsi paru-paru mulai menurun pada usia sekitar 30 tahun, tergantung kesehatan individunya,” ungkap Garcia-Larsen.

BACA JUGA : Bukan Cuma Berhenti Merokok, Ini 4 Cara Mencegah Kanker Paru-paru!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here