Soal Ekonomi, Seharusnya Pemerintah Tiru Keberhasilan Jaman Gus Dur!

0
625
Haul Gus Dur
Copyrigt©nu

Pemerintah Indonesia Perlu Bercemin Dari Keberhasilan Jaman Gus Dur Soal Pertumbuhan Ekonomi!

Indowarta.com – Guna mencapai pertumbuhan ekonomi di atas 6,5 persen, memang pemerintah Indonesia melakukan serangkian inovasi kebijakan. Selain itu pemerintah juga harus meninggalkan hukum bank dunia yakni penumpukan utang, pengetatan anggaran dan penguberan pajak.

Hal ini juga dikatakan oleh Peneliti Lingkar Studi Pejuangan (LSP) Gede Sandra. Dia mengatakan jika saat ini rasio pembayaran hutang (debt service) terhadap ekspor Indonesia sudah berada di lampu kuning. Saat ini hutang Indonesia mencapai 39 persen jauh di atas batas aman 25 persen.

Gede Sandra menuturkan jika rata-rata pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara berkembang di kawasan Asia tahun ini di kisaran 6 persen. Sedangkan untuk negara-negara Asia yang maju industrinya pertumbuhan ekonomi rata-rata ke 6,5 persen. Hal itu ditiliknya dari proyeksi Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) yang dirilis pada 13 Desember 2017 lalu.

WAJIB BACA :  Sebulan Terakhir Ini Kondisi Utang Indonesia Membaik

Baca Juga : Pesan Menteri Susi di Hari Ibu: Yang Tidak Ingat Ibunya, Tenggelamkan!

Indonesia sendiri selama ini kerap membanggakan diri karena keangotannya di negara G2. Padahal persentase pertumbuhan ekonominya masih berada di bawah petumbuhan Asia’ ujarnya.

Natal
Copyrigt©cyberdakwah

Pada kuartal II 2017 pertumbuhan ekonomi Indonesia ternyata dibawah rata-rata Asia dan Asia Tenggara sebesar 5,2 persen. Menurut Gede, langkah pemerintah dengan melakukan pemotongan anggaran untuk program yang efesien memang tepat. Namun tidak dengan adanya itu tidak memotong program-program yang mempercepat pertumbuhan ekonomi serta program yang memperbaiki kesejahteraan rakyat.

Gede pun mengajak khalayak bercermin dari keberhasilan pemerintahan pada era K.H Abdulrahman Wahid alias Gus Dur. Pemerintahan pria adal Jombang, Jawa Timur tersebut memang hanya 21 bulan, namun dibalik kontroversi politiknya ternyata capaian pemerintahannya di bidang ekonomi terbilang istimewa.

WAJIB BACA :  Putri Gus Dur: DPR Diibaratkan Seperti Tumpukan Barang Namun Lupa Dibereskan !

‘Padahal dulu pada awal pemerintahannya, Gus Dur mendapat warisan perekonomian dari BJ Habibi. Saat itu beliau mendapat warisan -3’ ujarnya.

Baca juga : Ridwan Kamil Tunda Pengumuman Calon Pendampingnya Dalam Pilgub Jabar 2018!

Tercatat setalah tiga bulan menjabat, Gus Dur berhasil menaikan pertumbuhan ekonomi di penghujung tahun1999 di level 0,7 persen atau melompat 3,7 persen. Lalu setahun selanjutnya tepatnya tahun 2000, perekonomian Indonesia kembali berhasil meningkat ke level 4,9 pesren atau naik 1,2 persen dari tahun sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here