Pihak Hongkong Diminta Klarifikasi Soal Penolakan Ustadz Abdul Somad!

0
937
Ustadz Abdul Somad (1)
Copyright ©Youtube

Ustadz Abdul Somad Ditolak saat akan Masuk Hong Kong

Indowarta.com – Terkait dengan penolakan Ustadz Abdul Somad saat akan masuk Hong Kong telah mendapatkan tanggapan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). KH Cholil Nafis selaku Komisi Dakwah MUI mengatakan pihak Hongkong memberikan penjelasan untuk memperjelas titik permasalahan hal tersebut.

BACA JUGA : Terlambat Datang, Anies Baswedan Minta Maaf Ke Jemaat gereja Antonius!

Disamping itu, kata Cholil, pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri (Kemlu) sudah memfasilitasi untuk alasan penolakan terhadap Ustadz Abdul Somad didapat dengan penjelasan yang jelas.

“Ya (harus beri penjelasan), agar tidak simpang siur juga. Dan pemerintah semestinya memfasilitasi untuk meminta keterangan dari pihak Hongkong atau China,” ucap Cholil, Minggu (24/12/2017) malam.

WAJIB BACA :  Komentar MUI Tentang Sertifikasi Halal Vaksin MR!

Mengenai hal ini, Cholil masih belum dapat memberikan tanggapannya lebih jauh, hal itu karena masih belum ada penjelasan resmi yang telah dikeluarkan oleh pemerintah Hong Kong. Walau bagitu, dia meminta supaya publik tidak cepat bereaksi terkait dengan penolakan Ustadz Abdul Somad ini.

Dia menilai, ada beberapa penyabab seseorang telah ditolak untuk masuk dalam sebuah negara. Cholil mengungkapkan, hal tersebut berdasarkan pengalaman temannya yang akan mengikuti seminar di Belanda.

“Kemarin teman saya juga di Belanda begitu. Mau ikut seminar di Belanda, tapi ada persoalan visa, dia dikembalikan ke Jakarta,” pungkasnya.

Ustadz Abdul Somad,
Copyright ©mozaikislam

Oleh karena itu, kemungkinan adanya penolakan Hong Kong atas kedatangan Ustadz Abdul Somad ini juga terkait masalah visa kunjungan. Oleh karena itu, Cholil mengharapkan supaya tidak menyalahkan sejumlah pihak.

WAJIB BACA :  Ustadz Abdul Somad, Toleransi Umat Hindu dan Sosok Ksatrianya Laskar Bali!

BACA JUGA : Ustaz Abdul Somad Somat Ditolak di Hongkong?

“Jadi bukan kita langsung menyalahkan di sana, kan otoritas negara sana. Tapi menurut saya, perlu jadi pelajaran kita untuk diketahui, dia itu dipulangkan kembali karena apa,” papar dia.

“Jangan main asumsi dulu. Siapa tahu visanya, visa tourism, sementara dia ke sana mau ceramah. Kan dianggap bekerja, karena dengan mengisi ceramah mendapatkan honor, kan begitu,” sambungnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan, dia menilai salah satu hal yang paling mendasar dari penolakan kedatangan Ustadz Abdul Somad yaitu keberpihakan negara untuk rakyatnya. Sehingga itu masih perlu ada penjelasan lebih lanjut mengenai permasalahan ini.

WAJIB BACA :  Kritik Ustadz Abdul Somad, Wartawan Ini Langsung Dipecat!

“Kenapa Ustaz Somad dipulangkan? Karena stigma teroris pada muslim Indonesia? Atau karena apa? Penjelasan penting agar kejadian yang sama tidak terulang pada warga negara Indonesia yang lain,” ucap dia.

BACA JUGA : Ucapan Selamat Natal yang Diperbolehkan Oleh MUI!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here