Sebelum Ajak Mobil Matik ‘Melancong Jauh’ di Liburan Akhir Tahun, Sebaiknya Cek Bagian Ini!

0
624
Ilustrasi Pengendara mobil (1)
Copyright ©Digital Trends

Sejumlah Bagian Mobil Matik yang Harus di Cek Sebelum Digunakan Dalam Perjalan Jauh

Indowarta.com – Memang sudah menjadi kewajiban kita untuk mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk perjalanan jauh, diantaranya motor dan mobil yang menjadi pilihan masyarakat untuk melakukan perjalan saat liburan akhir tahun. Tujuan dari pengecekan ini adalah untuk mengantisipasi adanya kendala dan beberapa hal yang tidak diinginkan mengganggu perjalanan kita.

BACA JUGA : Awas, Polisi Akan Tangkap Penjual Petasan Saat Natal dan Tahun Baru!

Salah satu kendaraan yang perlu untuk mendapatkan perawatan baik adalah mobil dengan transmisi otomatis jika dibandingkan dengan yang masih manual. Ada sejumlah komponen penting yang terdapat dalam kendaraan ini.

WAJIB BACA :  Alasan Kenapa Mobil Matik Lebih Populer Ketimbang Manual!

Teknisi Astrido Toyota Klender Harvit Ditha Lesmana mengungkapkan, memang tidak jauh berbeda dengan mobil dengan tramisi menual, pasalnya yang paling penting dalam perawatannya mobil matik harus selalu di cek pada kelistrikannya atau yang lebih terlihatnya pada komponen aki.

Ilustrasi Pengendara mobil (1)
Copyright ©Digital Trends

“Pasalnya, jika sewaktu-waktu aki mobil bertransmisi matik mati, membuat mobil sulit atau tidak bisa di-starter otomatis, kemudian didorong juga tidak bisa, jadi jalan keluarnya harus diganti aki atau di charging ulang,” kata Harvit, Minggu (24/12/17).

BACA JUGA : Pasaran MPV Makin Panas, Bagaimana Nasib Suzuki Ertiga?

Sedangkan komponen lainnya yang perlu mendapatkan perhatian lebih dari mobil matik adalah mengenai kondisi oli trasmisinya. Dengan itu para pengguna dapat mengetahui apakah perlu untuk pergantian olinya atau terdapat kecocoran yang menyebabkan cairan itu cepat habis karena merembes.

WAJIB BACA :  Alasan Kenapa Mobil Matik Lebih Populer Ketimbang Manual!

“Jika begitu nanti transmisinya bisa nyentak atau slip karena kekurangan minyak,” jelas dia.

Sedangkan hal lain yang perlu di cek saat akan meggunakan mobil matik untuk perjalan jauh yaitu kanvas rem atau mengenai seluruh sistem pengeriman. Pasalnya penggunaan rem pada mobil transmisi otomatis akan lebih sering jika dibandingkan dengan yang menual.

Oleh karena itu akan dapat membuat kanvas rem menjadi lebih cepat habis. Jika memang perlu untuk diganti maka segera lakukan penggantian. Karena pada bagian, mobil matik ini merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk keselamatan pengendaranya.

“Kalau yang manual lebih panjang (usia kanvas), penggunaan remnya jarang-jarang bisa engine brake. Perbandingannya lebih banyak penggunaan rem di matik daripada di manual,” tutup Harvit.

BACA JUGA : Komentar Jokowi Saat Jajal Mobil Listrik Karya Anak Bangsa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here