Penelitian ‘Robot Sperma’ Untuk Mengobati Kanker!

0
772
Copyright ©reuters

Penelitian ‘Robot Sperma’ Untuk Mengobati Kanker!

Indowarta.com – Sekelompok peneliti diketahui sedang mengembangkan penelitian tentang robot sperma bio hibrida yang memiliki ukuran kecil. Untuk apa kegunaanya? Ternyata robot tersebut digunakan untuk mengirimkan obat kanker pada bagian tumor dibagian reproduksi wanita, sehingga bisa meningkatkan efektivitas penyembuhan.

Seperti dilansir dari Live Science, dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh jurnal ACS Nano, robot kecil itu akan membawa sperma dari seekor banteng yang nantinya dikolaborasikan dengan bahan plastik, mkrostruktur 3D yang dilapisi dengan bahan dasar besi.

Baca juga: Alat Pendeteksi Kanker Payudara, Dari Indonesia Untuk Gaza!

Lapisan ini nantinya akan membantu para peneliti dalam mengarahkan robot ke targetnya menggunakan magnet. Saat robot mencapai bagian tumor itu, maka ia akan melepaskan sel sperma yang membawa obat anti kanker.

WAJIB BACA :  Edukasi Dini Kepada Remaja Untuk Mencegah Kanker Serviks!

Dan obat ini nantinya akan menembus sel kanker dan langsung melepaskan obat yang dibawa tadi. meskipun terdengar cukup menakjubkan, namun teknologi robot sperma ini masih belum siap untuk diimplementasikan.

Copyright ©reuters

Hal ini dikarenakan robot tersebut masih dalam tahap percobaan di laboratorium, dan pastinya akan masih membutuhkan riset lebih banyak lagi sebelum nantinya akan di implementasikan kepada manusia sebagai targetnya.

Baca juga: Teh Pare Bisa Hentikan Penyebaran Sel Kanker Lho!

Memang cara kerja dari robot sperma ini terdengar sebagai sesuatu cara yang unik dan aneh dalam dunia kesehatan untuk mengantarkan obat kanker kebagian tubuh tertentu. Akan tetapi para peneliti beranggapan jika sperma memang sangat cocok untuk melakukan pekerjaan tersebut.

WAJIB BACA :  Penyebab Kanker Booming di Tahun Ini!

“Kami memutuskan untuk menggunakan sel sperma karena mereka memiliki kemampuan untuk berenang secara alami di bagian reproduksi wanita,” cuap Mariana medina-Sanchez yang merupakan Micro and Nanobiomedical Engineering Group di Institute for Integrative Nanosciences dikutip dari laman kumparan.

Ia juga menambahkan jika bahwa proses menyatu ini juga bisa dilakukan sperma pada sel kanker, dan sperma nantinya akan mampu untuk melepaskan obat didalam sel tersebut. Dan apabila hal ini berhasil, maka untuk proses pengobatan pun akan jauh lebih efektif nantinya.

“Sperma juga memiliki kemampuan alami untuk menyatu dengan sel telur, dan ini sangat bermanfaat,” tambah Medina.

Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Nanorobot yang Mampu Bunuh Sel Kanker!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here