Sosok Marlene Dietrich yang Muncul di Google Doodle Hari Ini!

    0
    396
    Marlene Dietrich
    Copyright ©tribunnews

    Sosok Marlene Dietrich yang Muncul di Google Doodle Hari Ini!

    Indowarta.com – Google pada hari ini Rabu, 27 Desember 2017 menampilkan gambar animasi seorang wanita pada halaman Doodle miliknya. Wanita cantik yang ditampilkan Google Doodle tersebut ternyata Maria Mangdalena Dietrrich atau lebih dikenal Marlene Dietrich.

    Pada kesempatan kali ini Google sengaja memajang gambar Dietrich untuk memperingati hari ulang tahunnya yang ke 116. Dia lahir di Berlin pada tahun 1901 dan perempua ini dikenal sebagi aktris, penyanyi serta feminis yang menentang Nazi.

    Nama Marlene Dietrich mulai dikenal oleh publik ketika dirinya berperan sebagai Lola-lola daam film ‘The Blue Angle’ tahun 1930 serta mengantarkan pada kontrak dengan Paramount Pitures. Dari kontrak tersebutlah perempuan cantik ini mulai terkenal.

    Baca juga : Chandrasekhar, Pengembang Teori Bintang Kerdil Putih yang Hadir di Google Doodle Hari Ini!

    Dietrich membintangi film-film Hollywod mulai dari ‘Marocco’ tahun 1930 , ‘Shanghai Express’ tahun 1932 dan Desire tahun 1936. Kemudian tepatnya tahun 1939, dia resmi menjadi warga Amerika Serikat (AS) dan menolak menjadi agen propaganda Nazi.

    Marlene Dietrich
    Copyright ©teknotempo

    Perempuan ini mampu meikat tentara Perang Dunia II sebagai penghibur USO dan dia dianugrahi mendali Kebangsaan Amerika Serikat. Selain itu dia juga menerima Frech Legion d’Honneur untuk apa yang telah dilakukannya selama masa perang.

    Marlene Dietrich sendiri lebih dari sekedar perempuan penting dengan suara yang sulit dilupakan. Dia mengubah gagasan tentang feminitis dengan mengenakan tusedo dan topi top di sebuah adegan yang ia perankan sebagai penari klub malam di Marocco. Selain itu pada film tersebut dia juga mengenakan pakaian sutra pria di luar layar.

    Dia meninggal di Paris pada tanggal 6 Mei 1992 kaerna mengalami gagal ginjal. Pada saat pemakamannya sendiri perempuan ini mendapatkan penghormatan yang cukup luar biasa yakni dihadiri oleh 1.500 orang.

    Baca juga : Fridtjof Nansen, Penjelajah Sekaligus Ilmuwan yang Nongol di Laman Google Doodle Hari Ini!

    Untuk itu Google merayakan ulang tahun Marlene Dietrich dengan menampilkan tema doodle hari ini. Gambar perempuan ini diilustrasikan oleh seniman Sasha Steinberg yang menampilkan kiprah Dietrich yang menundukkan gender dengan tuksedo dan topi yang cocok dikenakannya.

    Sedangkan Steinberg sendiri dikenal sebagai seorang drag performance, sebuah aktivis seni yang menampilkan seorang dengan penampilan yang berlawanan jenis kelaminnya untuk tujuan hiburan atau fashion. Steinberg tampil dengan nama Sasha Velour menjadi pemenang Drag Ras RuPaul (season 9).

    Baca juga : Asima Chatterjee, Sosok yang Muncul di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here