Siapa Pengganti Posisi Setya Novanto Sebagai Ketua DPR?

0
474
Setya Novanto
Copyright©nusantaranews

Setya Novanto Mengundurkan Diri Dari Ketua DPR, Siapa Penggantinya?

Indowarta.com – Hingga kini Partai Golkar masih merumuskan siapa kadernya yang menggantikan Setya Novanto menjadi Ketua Dewan Perwakilan Raktyat (DPR). Nama pengganti pun telah didapatkan dan dipastikan sudah ada pada pekan depan.

Mengenai pengganti Ketua DPR RI ini juga dijelaskan Sekertaris Jenderal partai Golkar, Idrus Mahram. Dia mengatakan mengenai siapa yang akan menggantikan Novanto menjadi Ketua DPR akan dibahas pada awal tahun 2018 medatang.

‘Kami akan bahas pada 2018 dan awal tahun tentunya kami sudah memiliki calon (Ketua DPR)‘ ujar Idrus saat ditemui di DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat pada Selasa, 26 Desember 2017.

WAJIB BACA :  Kader Golkar Tak Diizinkan Oleh KPK Jenguk Setya Novanto!

Dia mengatakan rekomendasi jabatan Ketua DPR agar diberikan kepada Aziz Syamsuddin sampai saat ini masih berlaku. Cukup diketahui jika mandat itu sebelumnya disampaikan oleh Setya Novanto saat masih menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar melalui selembar surat.

Setya Novanto
Copyright©nasionaltempo

Bukan surat pribadi, surat keputusan (SK) tersebut juga mengatasnamakan Parati Golkar. ‘Kan kemarin adaproses dimana Pak Novanto masih jadi Ketum Golkar. Beliau memberikan satu arahan untuk menunjuk saudara Aziz Syamsuddin untuk menggantikan posisinya sebagai Ketua DPR’ ujar Idrus.

Idrus sendiri mengatakan jika Ketum Golkar yang baru Airlangga Hartanto berhak melakukan perombakan calon Ketua DPR. Perombakan itu sendiri nantinya akan berlangsung sebelum sidang pertama DPR digelar.

WAJIB BACA :  Alasan Ini Bisa Dijadikan Dasar KPK Panggil Paksa Setya Novanto!

‘Ada perombakan atau perubahan nama calon ketua DPR tergantung sama Pak Airlangga yang akan dibuat kajian. Ya kita lihat saja perubahan awal tahun 2018 nanti’ sambungnya.

Namun Idrus sendiri enggan membocorkan nama kandidat calon Ketua DPR yang akan ditunjuk nantinya. Dia memastikan jika nama yang akan dipilih memenuhi kriteria sebagai pemimpin lembaga negara.

Sementara itu Setya Novanto sendiri telah mengundurkan diri sebagai Ketua DPR RI setelah ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi E-KTP. Namun saat itu Novanto menuliskan surat dan dalaam surat itu dia menunjuk Aziz Syamsuddin untuk menggantikan posisinya.

Akan tetapi keputusan Novanto tersebut ditolak oleh sejumlah kader Partai Golkar. Pria 52 tahun tersebut dianggap memutuskan sepihak dan tidak berdasarkan musyawarah. Hingga kini posisi Ketua DPR RI masih kosong dan yang berhak menentukan siapa yang berhak menduduki kursi nomor satu di lembaga DPR tersebut adalah Partai Golkar.

Baca juga : KPK Bakal Panggil 3 Politikus PDIP dalam Sidang Setya Novanto, Siapa Saja?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here