Penampakan Patung Maung Bandung yang Disebut Mirip Anjing Laut!

0
523
Patung Maung bandung
Copyright ©kompasregional

Sebut Mirip Anjing Laut, Ridwan Kamil Ingin Patung Maung Bandung Segera Diperbaiki!

Indowarta.com – Pemerintah Kota Bandung kini tengah membangun sejumlah monumen kawasan cagar budaya atau kawasan kota lama. Dalam hal ini Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil ingin dibuatkan patung maung Bandung.

Akan tetapi sepertinya hal tersebut kurang maksimal sehingga patung tersebut terlihat tak seperti maung. ‘Manug Bandung sebenarnya, cuma teu biaseun (biasa). Jadi saya tak happy’ ujar Kang Emil saat ditemui Rabu, 27 Desember 2017.

Kang Emil oranag kerap memanggilnya, mengaku tak dapat memantau pembangunan monumen tersebut. Dia sebenarnya berharap dibuatkan patung serupa dengan maung seperti yang terpasang di lampu penerangan jalan Kota Bandung.

Namun menurutnya patung maung Bandung yang dibangun justru mirip anjing laut. Penaggung jawab pembangunan monumen itu sendiri ialah Dinas Tata Ruang Kota Bandung. ‘Saya kan berfikirnya semangat maung bandung sudah hadir di lampu-lampu jalan. Tapi kok hasilnya sepeti anjing laut gitu’ ujar Ridwan.

Baca juga : Polemik Patung Raksasa di Tuban, Ini Peringatan Istana!

Hal ini juga mengingatkan terhadap fenomena patung maung Cisewu pada pertengahan tahun 2017 lalu. Patung harimau yang berada di Markas Rayon Militer 1123/Cisewu, Kabupaten Garut itu kehilangan kegarangannya. Desain wajah justru terlihat tersenyum dibandingkan menyeringai buas.

Patung Maung bandung
Copyright ©kompasregional

Denagan demikian Ridwan Kamil sendiri menghimbau agar masyarakat taka melakukan bullying atau megolok-olok. Pasalnya patung yang diaggapnya mirip anjing laut itu akan diperbaiki sesuai tujuan awal yakni patung maung.

‘Tadinya sih ada semangat maung bandungnya, kunaon ayeuna jadi kieu. Jangan di-bullying ya, nanti akan diperbaiki’ ujarnya.

Pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Arsitektur tersebut mengaku telah mengkritik seniman yang membuat patung maung Bandung tersebut. Rencananya dalam waktu dekat patung itu akan diperbaiki hingga menyerupai maung pada umumnya.

Baca juga : Heboh Munculnya Patung Liberty Berhijab yang Picu Kontroversi!

‘Itu teh empat Maung Bandung ke empat penjuru mata angin. Menjaga selatan, utara, barat dan timur. Tapi senimannya kurang. Sudah saya kritik (senimannya). Dalam waktu dekat akan segera kita perbaiki’ sambungnya.

Ridwan menjelaskan jika Pemerintah Kota Bandung akan membangun sekitar 20 monumen baru penanda kawasan cagar budaya. Dia mengatakan jika ada lahan yang kosong, Pemkot Bandung akan memanfaatkan untuk pembangunan monumen.

Baca juga : Ridwan Kamil Tunda Pengumuman Calon Pendampingnya Dalam Pilgub Jabar 2018!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here