KPK Buka Penyelidikan Baru, Ada Tersangka Baru Kasus E KTP?

0
12241
KPK
Copyright ©okezonenews

Penyelidikan Baru Kasus E-KTP Dilakukan KPK, Ada Tersangka Baru?

Indowarta.com – Kali ini penyelidikan baru terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan E-KTP dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK melakukan penyelidikan baru ini untuk mengembangkan kasus yang merugikan negara hingga 2,3 triliun tersebut.

Terkait dengan penyelidikan baru ini dibenarkan oleh Juru Bicara KPK, Febri Diansyah. ‘Iya benar penyelidikan dilakukan, Anang Sugiana Sudihardjo dan setya Novanto diperiksa kembali dalam rangka pengembangan perkara E-KTP’ ujarnya saat ditemui di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan pada Kamis, 28 Desember 2017.

Cukup diketahui jika tim penindakan KPK sempat melakukan pemeriksaan terhadap Ketua nonaktif DPR Setya Novanto dan mantan Dirut PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudjiharjo. Keduanya diperiksa kemarin Kamis, 28 Desember 2017.

Namun ketika ditanya terkait siapa nama tersangka baru yang diduga terlibat kasus E-KTP ini, Febri belum menjelaskan lebih jauh. ‘Sampai sekarang belum dapat, kalau masih dalam proses penyelidikan saya belum bisa jelaskan secara detail. Ya kita tunggu saja’ sambungnya.

KPK
Copyright©terbitsport

Seperti diketahui sebelumnya KPK telah menetapkan sejumlah tersangka yang terlibat dalam kasus E-KTP. Dalam perkara ini dua mantan pejabat Direktur Jenderal (Ditjen) Dukcapil Imran dan Sugiharto telah divonis oleh Majelis Hakim Pegadilan Tipikor masing-masing tujuh tahun dan lima tahun penjara.

Selain keduanya lembaga antirasuah juga telah menetapkan status tersangka kepada Andi Agustinus alias Andi Narogong. Pria yang juga seoranag pengusaha tersebut divonis hukuman delapan tahun penjara oleh Majelis Hakim Tipikor.

Kemudian tersangka lain kasus ini ialah Anang Sudjana dan politius Partai Golkar Markus Nari. Keduanya hingga kini masih dalam tahap penyidikan oleh tim penindakan KPK. Sedangan mantan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto sudah duduk di kursi pesakitan Pengadilan Tipikor.

Novanto sendiri sebelumnya juga telah ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK. Cukup diketahui jika pria 52 tahun ini sempat memberikan perlawanan dengan mengajukan praperadian. Selain itu sebelum ditetapkan menjadi tersangka Novanto juga nampak seperti menghindar.

Ketika itu Setnov sempat menjadi buruan pihak lembaga antirasuah karena tak kunjung datang dalam panggilan pemeriksaan. Akhirnya setelah sempat menghilang, Novanto pun ditetapkan menjadi tersangka setelah keluar dari RSCM karena kecelakaan yang dialaminya.

Baca juga : KPK Akan Jawab Eksepsi Setya Novanto Hari Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here