Usai Penataan Tanah Abang, Sandiaga Uno Sebut Ada Penurunan kemacetan Sebesar 56 Persen!

0
1129
Copyright ©kompas

Data Penurunan kemacetaman Pasca Penataan Tanah Abang Masih Belum Valid

Indowarta.com – Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, jika ada penurunan kemacetan di jalanan setelah Penataan Tanah Abang ini telah selesai dilakukan oleh pemerintah DKI.

“Tetapi ternyata ada penurunan (kemacetan) yaitu sekitar 56 persen dibandingkan hari-hari yang sama pada minggu-minggu sebelumnya,” ucap Sandiaga Uno saat berada di Balai Kota DKI Jakarta seperti dikutip dari laman Kompas.

Baca juga: Anies Baswedan Langgar UU Saat Penataan Tanah Abang?

Setiaji selaku Kepala Unit Jakarta Smart City mengatakan jika data penurunan kemacetan setelah Penataan Tanah Abang tersebut didapatkan berdaraskan laporan kemacetan dari para pengguna perangkat navigase Waze.

WAJIB BACA :  Terkait Isu Jadi Wagub DKI, Sandi Tegaskan Jatah PKS: No More Discussion !
Copyright ©kompas

“Jadi, di Waze itu kan ada pengguna yang melaporkan kondisi kemacetan. Nah, di Jakarta ini kan ada sekitar 2 juta pengguna Waze aktif setiap hari melaporkan kondisi kemacetan. Nah, itu yang kami coba hitung,” ujar Setiaji.

Baca juga: Anies Baswedan Untungkan Pihak Tertentu Saat Tata Tanah Abang?

Ia juga mengatakan, jika data tersebut diambil berdasarkan laporan mulai tanggal 14 Desember 2017 hingga 26 Desember 2017 kemarin.

“Secara spesifik, dari titik kemacetan yang dilaporkan oleh pengguna Waze harus berjarak maksimal 1 kilometer dari rute transjakarta explorer,” imbuhnya.

Meskipun demikian, data mengenai penurunan kemacetan semenjak Penataan Tanah Abang tersebut masih belum valid. Hal ini dikarenakan rentan waktu pengambilan data tersebut juga bertepatan dengan hari libur Natal kemarin.

WAJIB BACA :  Anies Baswedan dan Sandiaga Uno Tak Akan Bisa Hentikan Reklamasi?

“Jadi untuk yang mendukung di media sosial, yang menyebut ini (penataan Tanah Abang) adalah langkah brilian Anies-Sandi, jangan senang dulu, jangan euforia dulu. Karena ini tidak valid juga datanya, karena kita masuk ke masa liburan. Jadi, data were not lie, data is fair,” kata wakil dari Anies Baswedan tersebut.

Dan ia pun berharap, jika nantinya konsep penataan ini memang sangat efetif untuk bisa mengurangi kemacetan di kawasan Tanah Abang dan juga sekitarnya.

Baca juga: Soal Pungli di Tanah Abang, ini Tanggapan Sandiaga Uno!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here