Kemungkinan Pembentukan Densus Tipikor di Tahun 2018!

0
780
calon kapolri

Kapolri Berencana untuk Kembali Melakukan Pembahasan Pembentukan Densus Tipikor

Indowarta.com – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian, memiliki rencana untuk melakukan pembahasan kembali mengenai adanya pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) pada tahun 2018 mendatang.

BACA JUGA : Paksa Karyawan Gunakan Atribut Natal, Kapolri Ancam Pidanakan Pemilik Perusahaan!

Dia mengatakan, sekarang ini pihaknya masih menunggu waktu yang tepat untuk kembali melakukan pembahasan mengani pembentukan tersebut. Kapolri menambahkan, nantinya nasib dari Densus Tipikor kemungkinan masih menunggu ketentuan dari panitia khusus hak angket kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansus Angket KPK) untuk menyelesaikan tugasnya.

“Biarkan isu Pansus selesaikan dulu. Pada saat yang tepat, kami akan bentuk,” ujar Tito disela penjelasan mengenai hasil kinerja Polri selama 2017 di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/17).

WAJIB BACA :  Soal Pembentukan Densus Tipikor Polri, Fahri Hamzah Minta Jokowi dan Jusuf Kalla Kompak!

Dia menilai, pembahasan mengenai pembentukan Densus Tipikor yang sudah dilakukan pada beberapa bulan lalu merupakan waktu yang tidak tepat. Hal itu karena dilakukan pada saat DPR sedang melakukan evaluasi terhadap kinerja dari KPK melalui Pansus Angket KPK.

Copyrigth©Tribunnews

Sehingga dengan itu, menurutnya sudah menimbulkan persepsi negatif dari publik, yang telah menilai kalau pembentukan Densus Tipokor merupakan salah satu dari upaya yang dilakukan untuk mengentikan langkah KPK.

BACA JUGA : Usai Penataan Tanah Abang, Sandiaga Uno Sebut Ada Penurunan kemacetan Sebesar 56 Persen!

“Timing-nya tidak tepat. Karena ada Pansus di DPR, (sehingga) itu dianggap mematikan KPK, padahal tidak,” kata dia.

Dia menjelaskan, dalam pembahasan pembentukan Densus Tipikor nantinya sudak tidak perlu melibatkan Presiden Joko Widodo. Disamping itu, wacana yag sudah ada sejak masa kepemimpinan Jenderal Sutarman selaku Kapolri tahun 2013 itu sudah dikomunikasikan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur serta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

WAJIB BACA :  Anggaran Besar, Densus Tipikor Dinilai Tak Adil Bagi kejaksaan!

“Tidak perlu sampai ke Presiden juga, sama seperti kita naikkan Direktorat Binmas (Pembinaan Masyarakat) ke Korps Binmas, Direktorat Antiteror jadi Densus (Detasemen Khusus) 88 Antiteror. Cukup internal Kapolri, Menpan RB, dan Menkeu,” ungkap Tito.

Setelah itu, pemerintah sudah memberhentikan pembahasan tersebut pada 23 Oktober. Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan kalau wacana mengenai pembentukan Densus Tipikor itu diberhentikan terlebih dahulu.

“Isu ini kita berhenti dulu. Tidak usah diperpanjang. Ini warning bagi KPK perlu introspeksi diri,” pungkasnya saat di Komples Istana Kepresidenanan, waktu itu.

BACA JUGA : Jokowi Tunda Rencana Pembentukan Densus Tipikor!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here