Menikmati 2 Supermoon di Bulan Januari 2018!

0
729
Supermoon
Copyright ©kumparan

Bulan Januari 2018 Masyarakat Indonesia Bisa Menikmati 2 Kali Supermoon!

Indowarta.com – Kali ini diawal tahun 2018 Supermoon bisa dilihat sebanyak dua fase purnama di Indonesia. Fase yang pertmaa akan terjadi di awal tahun, tepatnya tanggal 2 Januari 2018 dan fase purnama kedua akan terjadi pada tanggal 30 dan 31 Januari 2018.

Pada fase pertama fenomena bulan ini bisa dilihat pada pukul 04.48 WIB. Namun sayangnya fase puncak purnama ini tak bisa disaksikan di Indonesia. Hal itu dikarenakan bulan sudah terbenam di wilayah Indonesia.

Puncak purnama sendiri akan berlangsung selama lima jam setelah fase pertama yakni sekitar pukul 09.24 WIB. Mengenai fenomena Supermoon juga diungkapaka oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

WAJIB BACA :  Siap-siap, Super Snow Moon Bakal Segera Muncul, Ini Fakta dan Mitos nya !

Disebutka oleh BMKG jika masyarakat sudah mulai bisa menikmati fenomena ini sejak tanggal 1 Januari 2018 lalu. ‘Bulan nantinya akan berada pada jarak terdekatnya dari Bumi pada tahun 2018. Jarak bulan dengan Bumi pada saat itu sejauh 356.565 km’ tulis BMKG pada 1 Januari 2018.

Supermoon
Copyright ©kalastro

Sementara itu fase Supermoon yang ke dua akan terjadi pada tanggal 30 Januari 2018 pada pukul 16.56 WIB. Pada saat itu jarak bulan dan bumi hanya terpaut 2 km dari jarak fase sebelumnya. Bulan pada fase kedua ini akan diperigee sejarak 358.993 km.

Namun pada fenomena kedua ini fase purnama bisa dilihat pada malam hari dan fase puncak Supermoon dapat dilihat pada tanggal 31 Januari 2018 pukul 20.26 WIB. Kejadian akhir Januari ini banyak ditunggu karena akan disertai dengan gerhana bulan total.

WAJIB BACA :  Waktu Terbaik Untuk Melihat Supermoon di Bulan Januari 2018!

Gerhana bulan ini diperkiraan akan terjadi dari awal malam hingga tengah malam. Gerhana malam ini dapat diamati dari seluruh Indonesia dan gerhana bulan total ini akan terjadi selama satu jam 16 menit. Fenomena ini akan menyebabkan bulan akan berwarna merah.

Sementara itu bersamaan dengan fenomena Supermoon ini, BMKG menghimbau masyarakat di pesisir pantai waspada karena dikhawatirkan akan terjadi peningkatan pasang air laut maksimum. Pasang maksimum sendiri akan menyebabkan banjir rob dari pasangnya air laut mengenangi daratan. Diperkirakan jika kondisi tersebut akan terjadi antara tanggal 1 hingga 4 Januari 2018 dan 29 Januari hingga 2 Februari 2018.

Cukup diketahui jika fenomena supermoon sendiri merupakan salah satu fenomena astronomi alam. Peristiwa ini terjadi pada jarak terdekat Bulan dan Bumi, sehingga bulan akan terlihat 8 kali atau 14 persen lebih besar serta sekitar 30 persen lebih terang dari biasanya.

Baca juga : Niat Dan Tata Cara Shalat Kusuf Menyambut Gerhana Bulan Malam Nanti!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here