Elektabilitas Jokowi Terus Naik, Sedangkan Prabowo Turun!

0
1324
Jokowi
Copyright ©nasionaltempo

Tinggalkan Prabowo, Elektabilitas Jokowi Terus Meroket Naik!

Indowarta.com – Sejumlah lembaga survei terus membandingkan elektabilitas sejumlah tokoh yang akan maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Survei salah satunya dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SRMC) pada Selasa, 2 Januari 2017.

Nampak dari hasil survei SRMC menunjukan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih berada dipuncak. Jokowi berpeluang menang jika pemilihan presiden dilakukan sekarang ini. Mengenai hasil survei ini juga diungkapakan oleh Direktur Utama SRMC Djayadi Hanan.

Dia mengatakan jika elektabilitas Jokowi unggul jauh dibandingkan tokoh-tokoh lainnya. ‘Jokowi masih berada di pucuk perolehan angka tertinggi, belum ada nama lain yang mendapat dukunganan yang signifik’ ujarnya saat ditemui di kantor SMRC, Menteng, Jakarta pada Selasa, 2 Januari 2017.

WAJIB BACA :  Pengakuan TGB Saat Tinggalkan Prabowo Lalu Dukung Jokowi !

Dari hasil survei SRMC menunjukan jika elektabilitas Jokowi berada di atas angka 38,9 persen. Kemudian dibawahnya diikuti oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dengan mengumpulkan angka 10,5 persen.

Jokowi
Copyright ©merdeka

Selanjutnya diposisi ketiga dan seterusnya dan Katua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan angka 1,4 pesren, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dengan angka 0,8 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan angka 0,5 persen. Survei tersebut dilakukan pada tanggal 7 hingga 13 Desember 2017 dengan melibatkan sebanyak 1.220 responden melalu wawancara tatap muka. Untuk margin error sendiri kurang lebih 3,1 persen.

Dengan hasil tersebut bisa dikatakan jika elektbilitas Jokowi cenderung naik. Tercatat pada bulan Januari 2017 lalu, elektabilitas pria yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ini berada di angka 27 persen. Kemudian angka tersebut terus naik pada bulan Mei 2017 hingga menyentuh 34 persen. Angka elektabilits kembali naik dan menunjukan kesetabilannya pada bulan September 2017 yakni 38,9 persen.

WAJIB BACA :  Beri Dukungan Penuh, Khofifah Deklarasikan Jokowi-Ma’ruf Amin di Hong Kong !

Berbading terbalik dengan Jokowi, elektabilitas Ketum Gerindra Prabowo Subianto justru turun. Tercatat awal tahun 2017, Prabowo memperoleh angka 9,9 persen dan sempat melonjak naik pada bulan Mei 2017 mencapai 17,2 pesren. Namun setelah itu elektabilitasnya justru menurun, bulan September 2017 lalu elektabilitas Prabowo hanya diangka 12 persen dan kini berada di angka 10,5 persen.

Bisa dikatakan jika tingkat keterilihan Jokowi melonjak sigifikan jika pemilihan presiden hanya diikuti oleh dirinya dan Prabowo. Jika dihadapkan orang nomor satu di Indonesia saat ini dan Prabowo berbanding 64,1 persen dan 27,1 persen.

Baca juga : Jokowi Unggul Telak Atas Prabowo di Luar Jawa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here