Ada Supermoon, BMKG Ingatkan Warga Pantura Waspada Rob!

0
658
Supermoon
Copyright ©oansun

BMKG Minta Warga Pantura Waspadai Rob Saat Supermoon!

Indowarta.com – Kali ini Badan Meteorologi Maritim Klimatoogi dan Geofisika (BMKG) Kota Semarang menghimbau kepada yang berada di kawasan Pantura. Himbauan diberikan suapaya masyarakat lebih mewaspadai dan berhati-hati terhadap meningkatnya ketinggian air laut.

Himbauan tersebut berkaitan dengan fenomena alam Supermoon yang dikhawatirkan akan menyebabkan air laut lebih tinggi dari bisanya. BMKG memprediksi jika pasang air laut atau rob akan terjadi di kawasan pesisir utara Jawa Tengah, termasuk Kota Semarang.

Pasang air laut atau rob itu itu akan terjadi antara tanggal 1 hingga 4 Januari 2018 dan 29 Januari hingga 2 Februari 2018. Hal tersebut dipicu karena adanya fenomena bulan purnama yang nampak lebih besar dari biasanya.

WAJIB BACA :  BMKG Himbau Masyarakat tetap Waspada Gelombang Tinggi di Laut Selatan !

Fenomena bulan terlihat lebih besar dari biasanya itu disebut Supermoon. Terkait hal ini juga dijelaskan langsung oleh Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kota Semarang, Retno Widyaningsih. Dia menyampaikan supaya warga tetap waspada dan air akan masuk ke pemukiman tergantung sanitasi masing-masing wilayah.

Supermoon
Copyright ©sindonwes

‘Air akan masuk ke pemukiman warga atau tidak tergantng senitasi masing-masing wilayah. Kenaikan rata-rata pasang air laut sekitar 60 sentimeter dan jika jarak bulan dekat tentu akan meningkatkan pasang air laut’ ujarnya saat ditemui di Semarang pada Rabu, 3 Januari 2017.

Retno menjelaskan jika pasang surut air laut dapat dihitung berdasarkan bulan mengelilingi bumi serta bumi mengelilingi matahari. Apabila bertemu dalam satu garis, tentu akan mengakibatkan air laut pasang tinggi.

WAJIB BACA :  Setelah Terjadi Gempa, Begini Dampak Wisatawan Tiga Gili di Lombok !

Dikatakan oleh BMKG jika masyarakat Indonesia sudah mulai bisa menikmati fenomena ini sejak tanggal 1 Januari 2018 lalu. ‘Bulan nantinya akan berada pada jarak terdekatnya dari Bumi pada tahun 2018. Jarak bulan dengan Bumi pada saat itu sejauh 356.565 km’ tulis BMKG pada 1 Januari 2018.

Masyarakat akan menikmati dua kali Supermoon sekaligus yakni pada tanggal 1 Januari dan tanggal 30 Januari 2018. Fase Supermoon yang ke dua akan terjadi pada tanggal 30 Januari 2018 pada pukul 16.56 WIB. Pada saat itu jarak bulan dan bumi hanya terpaut 2 km dari jarak fase sebelumnya. Bulan pada fase kedua ini akan diperigee sejarak 358.993 km.

WAJIB BACA :  BMKG: Hujan Disertai Petir Diprediksi Akan Landa Jabodetabek!

Fenomena gerhana bulan ini diperkirkan akan terjadi di awal malam hingga tengah malam dan saat itu bulan akan nampak berwarna kemerahan. Selaian itu fenomena ini juga bisa diamati dari seluruh wilayah Indonesia dan gerhana bulan total akan terjadi selama satu jam 16 menit.

Baca juga : Menikmati 2 Supermoon di Bulan Januari 2018!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here