Djoko Setiadi Dilantik Jadi Kepala Badan Siber Oleh Jokowi Hari Ini!

0
577
Djoko Setiadi
Copyright ©uzone

Hari Ini Jokowi Lantik Djoko Setiadi Dilantik Jadi Kepala Badan Siber di Istana Negara!

Indowarta.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera melantik Kepala Lembaga Sandi Negara Mayor Jenderal (Mayjen) Djoko Setiadi. Jokowi akan melantik Mayjen Djoko menjadi Kepala Badan Siber dan Sandi Negara hari ini Rabu, 3 Januari 2018 di Istana Negara.

Rencananya pelantikan akan dilakukan setelah Peraturan Presiden (Prpres) soal BSSN selesai direvisi. Cukup diketahui jika Djoko Setiadi saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Setelah dilantik pria ini nantinya akan lagsung berada di bawah Presiden Jokowi.

Hal tersebut sudah tercantumkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 133 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 53 Tahun 2017 tentag Badan Siber dan Sandi Negara. Sedangkan posisi BSSN sendiri sebelumnya berada di bawah Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan.

WAJIB BACA :  BPN Minta Bawaslu Usut Andi Widjayanto yang Bawa-bawa Jan Ethes ke Pilpres !

Karena direvisi melalui Perpres yang ditandatangani pada tanggal 16 Desember 2017 lalu, akhirnya BSSN langsung berada di bawah Presiden. Jokowi sendiri sebelumnya mengatakan jika perubahan posisi tersebut disebabakan kaerna BSSN merupakan lembaga penting.

Djoko Setiadi
Copyright ©nasionalkompas

Bukan hanya penting lembaga itu sendiri dibutuhan negara untuk mengantisipasi perkembangan dunia siber yang sangat cepat dan semakin maju. Seperti yang tertuang dalam Pasal 36 beleid yang menyatakan jika Kepala BSSN harus menyampaikan laporan kepada Presiden terkait hasil pelaksanaan tugas pemerintah di bidang keamanan siber. Penyampaian tersebut harus dilakukan secara berkala atau sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu dalam pepres dikatakan jika Kepala BSSN diberikan hak keuangan dan fasilitas setingkat dengan menteri. BSSN sendiri dibentu untuk memproteksi dan melindungi semua kegiatan siber dari kementerian maupun lembaga lain mulai dari Kementerian Pertahanan, Intelejen Siber dari Badan Intelejen Negara (BIN), satuan siber TNI dan lainnya.

WAJIB BACA :  HUT TNI: Pesan Jokowi Kepada TNI, Waspadai Rongrongan yang Ganggu Pancasila!

Sementara itu pelantikan dimulai dengan pembacaan keputusan presiden Nomor 30P/2017. Keppres tersebut berisi pemberhentian dengan hormat Djoko Setiadi sebagai Kepala Lembaga Sandi Negara. Keppres juga berisi pengangkatan Djoko sebagai kepala BSSN.

Acara pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniwan dan dipandu langsung oleh Presiden Jokowi. Kemudia dilakukan penandatanganan berita acara pelantikan dan ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari Jokowi serta para tamu.

Baca juga : Elektabilitas Jokowi Terus Naik, Sedangkan Prabowo Turun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here