Anies Baswedan Bentuk Komite Khusus Wujudkan Pemerintahan Bersih dari Korupsi!

0
632
Anies Baswedan
Copyright ©beritasatu

Komite PK Dibentuk Anies Baswedan Guna Mewujudkan Pemerintah Bersih Dan Mencegah Korupsi di DKI Jakarta!

Indowarta.com – Seperti diketahui saat ini kasus tindak pidana korupsi tengah merajarela di negara Indonesia. Sejumlah petinggi negara baik dari daerah hingga pusat banyak terjerat kasus korupsi yang merugikan negara ratusan hingga triliunan rupiah.

Seakan menanggapi hal tersebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengambil tindakan. Anies membentuk Komite Pencegahan Korupsi (Komite PK) Jakarta dan komite ini dibentuk berlandaskan hukum.

Komite PK dibentuk dengan landasan Peraturan Gubernur Nomor 196 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Gubernur Nomor 187 tentang Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan. Menurut Anies, komite tersebut dibentuk dengan tujuan mencegah terjadinya korupsi.

WAJIB BACA :  Ketika Anies Sulap Pulau Reklamasi Jadi Pantai Kita, Maju, dan Bersama !

Pencegahan dilakukan dengan cara membangun sistem pemerintahan yang sesuai dengan prinsip tata pemerintahan yaag baik (good governance). Prinsip tata pemerintahan yang baik ini sendiri yakni pemerintah bersih, akuntabel, sesuai dengan aturan hukum, efektif dan partisipatif.

Copyright ©merdeka

Komite PK yang dibentuk oleh Anies Baswedan ini sendiri akan mendorong sistem data yang terintegrasi serta membangun integritas aparatur sipil Pemerintaha Daerah (Pemda) DKI Jakarta. Menurut Anies komite ini nantinya akan menjadi penghubung antara Pemda dengan masyarakat dan lembaga lainnya.

‘Komite ini akan menghubungkan Pemda DKI, Masyarakat dan sejumlah lembaga seperti halnya KPK. Ini dilakukan guna mengawasi serta mencegah korupsi di Provinis DKI Jakarta’ ujar Anies saat ditemui pada Rabu, 3 Januari 2018.

WAJIB BACA :  Viral Video Anies Baswedan Dicegah Oleh Paspamres, Tak Ada Arahan!

Anies Baswedan mengatakan jika dirinya ingin pemerintahan yang bersih dan akuntabel. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendkbud) tersebut mengaku jika hal tersebut merupakan komitemen utama dari pasangan Anies-Sandi.

Oleh sebab itu komite PK Jakarta dibentuk karena merupakan salah satu tugas prioritas yang mesti dilakukan pada 100 hari pertama pemerintahan. ‘Kami menginginkan pemrintahan yang bersih. Bukan hanya satu dua tokoh yang hilang begitu mereka pergi, tapi kami ingin perubahan mendasar sistemnya. Dengan begitu akan terwujud pemerintah yang bersih serta akan berlangsung lama’ tutup Anies.

Dengan adanya komite ini diharapkan bisa membangun sistem pemerintahan dengan tata kelola yang baik untuk menyelamatkan pendapatan asli daerah (PAD). Selain itu pencegahan korupsi harus dilakukan secara sistemik dan sistematis.

Baca juga : Bagimana Cara Anies Baswedan dan Sandiaga Uno Tata 1000 PKL di Kota Tua?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here