Awas, Indonesia Rawan Gempa dan Tsunami!

0
649
Gempa
Copyright ©liputan6

Beberapa Wilayah yanga Menjadi Zona Rawan Gempa

Indowarta.com – Jika melihat secara geografis ada beberapa wilayah Indonesia yang masuk dalam rawan terjadi bencana alam, seperti gempa dan tsunami. Setelah adanya tsumani yang melanda Aceh, ada banyak wilayah lainnya yang secara berurutan mengalami musibah itu.

BACA JUGA : 13 Tahun Tsunami Aceh, Netizen Berdoa Untuk Korban!

Seakan-akan adanya keterkaitan, namun menurut para para ahli malah menjadi sebuah perdebatan. Sampai sekarang ini para ahli telah melakukan beberapa penelitian untuk mendalami masalah ini.

Bahkan warga di selatan Jawa Barat, persisnya barada di Tasikmalaya, telah merasa panik. Kepanikan itu diperkeruh dengan beredarnya berita hoax. Kondisi itu sempat menjadi perhatian penting Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Getaran Gempa Gunung Mentawai Terasa Hingga Padang!
Gempa
Copyright ©dream

Mereka menilai kalau gempa dan tsunami sebenarnya sudah terjadi sejak dibentuknya Bumi. Bahkan siklus ini akan terus berulang (recurrent period) sampai waktu yang tidak dapat ditentikan. Seperti yang dikutip dari merdeka.com, Rabu (3/1/18), berikut penjelasan dari Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Dr.Daryono S.Si., M.Si

BACA JUGA : Waktu Terbaik Untuk Melihat Supermoon di Bulan Januari 2018!

Dia menilai kalau gempa yang terjadi dari Sumatera hingga Jawa setelah adanya tsunami di Aceh 2004 lalu saling berkaitan. Adanya peristiwa itu terjadi karena zona itu memang jalur kuat yang kemungkinan akan terjadi pada waktu yang tidak dapat ditentukan.

Akan tetapi, dia tidak sependapat jika setelah gempa Aceh menjadi semakin banyaknya bencana alam tersebut di wilayah Indonesia. Namun yang pasti, kata dia, setelah adanya peristiwa di Aceh itu membuat masyarakat lebih waspada terhadap gempa dan tsunami.

WAJIB BACA :  Gempa Tewaskan 1 Orang dan 5 Luka-luka!

Daryono mengatakan, zona yang menjadi sumber gempa hingga memicu terjadinya tsunami di wilayah Indonesia mencangkup wilayah yang berada di sebelah barat Sumatera dari Aceh, Bengkulu, Padang, dan Selat Sunda.

Sedangkan untuk wilayah yang berada di selatan Jawa, Bali, NTT, dan NTB, merupakan zona subduksi merupakan sarang gempa pemicu terjadinya tsunami. Tidak hanya itu, zona yang rawan terjadinya tsunami berada di Laut Banda, Sulawesi Utara, wilayah Utara Papua, dan Maluku Utara.

BACA JUGA : Gempa Tewaskan 1 Orang dan 5 Luka-luka!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here