Sst , ,Ini Lho Bocoran Formasi CPNS 2018!

    0
    1673
    Tes CPNS
    Copyright ©news

    Beberapa Formasi CPNS 2018 yang akan Dibuka dalam Rekrutmen Kali ini

    Indowarta.com – Pemerintah pusat kembali akan membuka lowongan pekerjaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khusus di daerah pada tahun 2018 ini. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah memberikan usulan untuk membuka formasi CPNS 2018 yang akan menempati sebanyak 150 ribu hingga 250 ribu posisi.

    BACA JUGA : Pendaftaran CPNS 2018 Akan Dibuka Mulai Februari, Formasinya?

    Akan tetapi, terkait dengan pastian ini masih akan menunggu kajian yang dilakukan Kemenpan RB. Dibukanya formasi CPNS 2018 ini untuk menutup pegawai yang telah pensiun pada tahun ini. Dalam artian, walau dilakukan rekrutmen akan tetapi akan tetap zero growth.

    WAJIB BACA :  Penerimaan CPNS 2017 Periode II Resmi Dibuka, Berikut Tahapannya!

    Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan, ada beberapa kriterian yang akan dicari dalam pendaftaran formasi CPNS 2018 yang akan dibuka oleh pemerintah pusat.

    “Pertama, tentu posisi yang sesuai dengan rencana strategis masing-masing instansi. Lebih banyak untuk jabatan teknis yang memiliki kemampuan khusus. Kalau untuk pejabat administrasi sekarang ini sudah cukup,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

    Untuk tahapannya, instansi pemerintah daerah akan diwajibkan untuk mengusulkan beberapa posisi yang dibutuhkan. Kemudian Kementerian PANRB akan melakukan verifikasi dengan tujuan untuk menyesuaikan adanya rencana yang strategis pada wilayah dan instansi.

    seleksi cpns 2018
    Copyright©tempo

    “Kita sudah punya peta aparatur sipil negara yang berbasia geografi, disana ada data semua di wilayah apa jumlah PNS nya berapa paling banyak bagian apa, jadi nanti kita akan pakai data itu untuk verifikaai,” tuturnya.

    WAJIB BACA :  Kendala yang Sering Dialami Pelamar CPNS Saat Akses SSCN BKN Go Id!

    BACA JUGA : Anies Baswedan dan Sandiaga Uno Pilih Orang-orang Ini Untuk KPK DKI Jakarta!

    Namun dipastikan, dari 250 ribu formasi CPNS 2018 yang sudah diusulkan, nantinya akan ada 38 ribu yang akan dibuka untuk pemerintah pusat dan yang lain untuk pemerintahan daerah. Menpan-RB Asman Abnur menilai, dibukanya lowongan ini demi untuk memenuhi formasi yang ditinggalkan oleh 220 ribu PNS yang memasuki masa pensiun untuk periode 2017-2018 sebesar 50-60 persen. Disamping itu, formasi CPNS 2018 ini juga dibukan untuk mengisi kementerian dan lembaga.

    “Sama formasi kemarin tidak terisi, misal BNN, ada pelatih anjing pelacak ternyata tidak banyak yang lulus,” ujar dia.

    WAJIB BACA :  Persiapan Matang Daftar CPNS 2017!

    Direncanakan dalam formasi CPNS 2018 ini akan menyangkup kementerian dan lembaga (KL) pemerintah pusat dan kementerian daerah. Untuk penerimaan CPNS ini sesuai dengan usulan dari Bupati dan gubernur.

    “Tahun 2018, khusus untuk daerah, per kabupaten dan provinsi,” tuturnya.

    BACA JUGA : Reaksi Publik Ketika Djoko Setiadi Sebut Soal Hoax Membangun!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here