Satu Asteroid yang Telah Diklaim akan Mengancam Bumi

0
727
Copyright©youtube

Asteroid ‘Dewa Yunani’ akan Mengancam Bumi ?

Indowarta.com – Walau NASA sebelumnya sudah menyatakan kalau untuk beberapa tahun kedepan tidak ada asteroid yang akan mendekati Bumi, namun pada kenyataanya masih ada satu objek yang diklaim telah mengancam.

Benda dari luar angkasa tersebut yaitu 3200 Phaethon atau yang sering disebut dengan julukan Asteroid ‘Dewa Yunani’. Berdasarkan keterangan di laman Mirror, Kamis (4/1/12), ukuran 3200 Phaethon itu sangatlah besar. Bahkan ukurannya melebihi perkiaraan para astronom sebelumnya.

Baca juga: Waktu Terbaik Untuk Melihat Supermoon di Bulan Januari 2018!

Pasalnya para astronom memperkirakan kalau asteroid yang ada tidak akan lebih dari 5 kilometer. Dan sekarang ini, mereka harus mengoreksi hal tersebut. Pasalnya benda itu sudah mencapai diameter lebih dari 5 kilometer.

Copyright©youtube

Salah seorang astronon yang bekerja di Planetary Radar di Arecibo Observatory, Puerto Rico mengatakan, berdasarkan dari gambar yang sudah mereka amati sebelumnya, diameter asteroid itu mencapai lebih dari 0,6 kilometer dan yang sebelumnya.

Baca juga: Menikmati 2 Supermoon di Bulan Januari 2018!

“Jadi jika dihitung, asteroid memiliki diameter 3,6 mil atau sekitar 5,8 kilometer. Bentuknya juga mirip dengan asteroid Bennu,” kata astronom yang meripakan pemimpin Planetary Radar, Patrick Taylor.

Mengenai jarak 3200 Phaethon tersebut, Taylor menjelaskan, pada 17 Desember 2017 lalau asteroid itu berada pada jarak sekitar 10,3 juta kilometer dari Bumi. Dengan jarak tersebut, dia menilai kalai itu merupakan jarak yang paling dekat kedua dengan Bumi selama abad ini.

Untuk nanti pada tahun 2093 yang akan datang, asteroid itu akan memiliki jarak dengan Bumi mencapai 3 juta kilometer. Oleh karena itu, 32000 Phaethon tersebut akan terus berjalan mendekati bumi seiring berjalannya waktu.

Lalu kenapa NASA memberikan julukan Dewa Yunani untuk asteroid ini? Hal itu karena dari sebuah legenda ‘Phaethon’ merupakan nama dewa yang sudah menyebabkan kerusakan besar di Bumi. Akan tetapi jangan khawatir, NASA mengklaim kalau 3200 Phaethon tersebut dipastikan tidak akan menghancurkan bumi seperti legenda itu.

“Ia akan melewati jarak 6,5 juta mil dari Bumi, masih jauh dan bahkan 27 kali lebih jauh daripada jarak Bumi dengan Bulan,” ungkap NASA melalui keterangan resminya.

Baca juga: Penampakan Phaethon 3200, Asteroid Aneh Induk dari Hujan Meteor Geminid!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here