Siapkan Diri Sambut Gerhana Bulan Total, Blue Moon Pertama Setelah 150 Tahun!

0
2461
Gerhana Bulan
Copyright©liputan6

Jangan Lewatkan Fenomena Alam Gerhana Bulan Total Setelah 150 Tahun

Indowarta.com – Gerhana bulan kedua di tahun 2018 akan segera datang diakhir bulan ini, yaitu tepaynya pada 31 Januari 2018. Fenomena alam ini akan menjadi gerhana bulan total yang telah melibatkan bulan purnama dalam waktu satu bulan ini.

BACA JUGA : Setelah Badai, Fenomena Aneh Awan Payudara yang Menghiasi Langit Melbourne!

Kejadian alam ini banyak dikenal oleh sebagain orang sebagai Blue Moon. Bahkan diklaim kalau fenomena alam itu sudah tidak terjadi lebih dari 150 tahun sebelumnya. Terjadinya Gerhana Bulan ini akan berlangsung pada tengah malam, pada saat itu Samudra Pasifik akan berbalik menuju ke bulan.

WAJIB BACA :  Sebentar Lagi Gerhana Bulan Total, Anies Baswedan Buat Surat Edaran Ini!

Untuk pemandangan alam yang sangat menarik ini, hanya ada beberapa wilayah yang dapat menyaksikannya, seperti di Asia Tengah, Asia Timur, Selandia Baru, Indonesia, dan sebagaian besar wilayah yang ada di Australia.

Sedangkan untuk kawasan Asia Barat, Timur Tengah, Eropa Timur, dan Benua India, gerhana bulan total akan terjadi pada saat terbitnya bulan. Sedangkan ke timur, Hawaii, Alaska, Kanada Barat Laut dipastikan akan dapat melihat fenomena alam ini dari awal hingga akhir.

Bulan Purnama
Copyright ©Shutterstock

Durasi fase gerhana bulan total itu diperkirakan akan berlangsung selama 77 menit, dengan bulan yang menelusuri di bagian selatan bayangan bumi. Sehingga jika terjadinya, pada saat itu bagian bawah bulan yang tampak jauh lebih terang jika dibandingkan dengan seluruh bagian atas yang akan tampak lebih gelap.

WAJIB BACA :  Siap-Siap, Blue Moon Kedua Bakalan Muncul Bulan Ini!

BACA JUGA : Keanehan Gempa Vulkanik di Gunung Agung!

Namun jika ada pertanyaan seberapa luar biasakah gerhana bulan total? Agar dapat menjawab pertanyaan itu, Space.com telah merujuk kepada referensi Canon of Lunar Eclipses, 1500 B.C. – A.D. 3000, oleh Bao-Lin Liu dan Alan D. Fiala (Willmann-Bell Inc., 1992).

Setelah terjadi gerhana bulan total pada tahun ini, maka peristiwa Blue Moon akan melalui umbra bumi dan selanjutnya akan terulang kembali pada 31 Januari 2028, dan kemudian terjadi lagi pada 31 Januari 2037, kedua gerhana bulan tersebut akan menjadi total.

Sebelum tahun 2017 lalu, sempat terjadi gerhana bulan persial 8 persen. Fenonema alam tersebut terjadi pada 31 Desember 2009. Akan tetapi, jika melihat kebelakangan gerhana bulan total yang akan sama seperti yang akan terjadi pada 31 Januari 2018 ini, maka kita perlu kembali ke 31 Maret 1866.

BACA JUGA : Fenomena10 Ikan Paus Terdampar di Aceh Ini Jadi sorotan Dunia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here