Sepeda Motor Bisa Lewat Thamrin, Adilkah?

0
632
Thamrin
Copyright ©Liputan6

Sejumlah Pengendara Motor Mulai Lewar Thamrin

Indowarta.com – Sedikit demi sedikit sudah mulai ada pengendara sepeda motor yang melintas di dua arah ruas Jalan Medan Merdeka Barat- Thamrin, pada Selasa 9 Januari 2018 sore. Akan tetapi, masih terbilang jarang pengendara motor yang lintas.

BACA JUGA : Daftar Nama 13 Korban Kecelakaan di Tol Cawang!

Berdasarkan laporan dari Liputan6.com, di kawasan Hotel Indonesia sampai pada mulai pada pukul 15.30 sampai 16.30 WIB, sudah ada sekitar pengendara motor yang melintas di Thamrin sebanyak 15 orang.

Sedangkan dilokasi yang sama, polisi juga nampak berjaga namun membiarkan para pengendara yang melintas itu. Pemandangan yang sama juga terlihat pada beberapa hari sebelumnya. Padahal diketahui sebelumnya kalau ada larangan para pengendara sepeda motor melintas di Thamrin.

WAJIB BACA :  Protes UMP, Buruh Gelar Aksi ke Balai Kota dan Istana Hari Ini!

Larangan itu tertuang dalam Pergub DKI Jakarta Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor. Dan sekarang ini aturan tersebut telah diperbarui menjadi Pergub Nomor 141 Tahun 2015. Akan tetapi semua mengalami perubahan setelah Makamah Agung memutuskan untuk membatalkan regulasi batasan pengendara sepeda motor tersebut telah dipublikasikan kepada publik pada Senin (8/1/18) dalam situs resmi MA.

Thamrin (1)
Copyright ©Liputan6

Semenjak putusan itu dikeluarkan, satu per satu para pengendara sepeda motor muali berani untuk melintas di Thamrin.  Keputusan pembatalan ini telah disahkan dalam rapat permusyarawaratan Makamah Agung pada Selasa, 21 November 2017. Ketua Mejelis Hakim dalam rapat itu adalah Irfan Fachruddin dan anggotanya Mejelis Yosran dan Is Sudaryono.

WAJIB BACA :  Anies Baswedan Persilahkan Warga Mengadu Layaknya Era Ahok dan Djarot!

BACA JUGA : 3 Anak Kecil yang Jadi Korban Kecelakaan di Tol Cawang!

“(Pergub) tidak mencerminkan asas keadilan dan asas persamaan dalam hukumdan pemerintahan serta tidak berdasar pada asas kejelasan tujuan,” tulis putusan MA tersebut.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagara mengatakan, pihaknya menyanyangkan adanya putusan pembatalan Pergub pembatasan sepada motor di Thamrin itu. Menurut pengamatan dan evaluasinya, adanya aturan tersebut akan beberikan dampak yang signifikan.

Diantaranya dampak yang akan timbul adalah tingkat kepadatan kendaraan di Thamrin berkurang, angka kecelakaan berkurang secara drastis. Disamping itu, menurut Halim, adanya regulasi tersebut juga sejalan dengan adanya bentuk pengurangan polusi udara.

“Yang jelas sangat menurun, signifikan. Pertama kan tidak ada kendaraan roda dua yang melintas otomatis tidak ada insiden. Jadi pelarangan kemarin itu sangat efektif,” ujar Kombes Halim, Selasa (8/1/2018).

BACA JUGA : Solusi Sandiaga Uno Jelang Relokasi pedagang di Tanah Abang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here