Kartun Youtube Berbahaya Buat Anak?

0
453
Anak Bermain Gadget,
Copyright ©liputan6

Pengawasan Katat Orang Tua Saat Anaknya Akses Youtube Sangat Perlu Dilakukan Untuk Menghindari Hal-Hal Negatif

Indowarta.com – Kemajuan teknologi sekarang ini bahkan sudah menyentuh kalangan anak-anak, hingga akhirnya mereka mengikuti zamannya. Sudah bukan hal yang tak biasa lagi jika anak-anak mampu mengakses aplikasi hingga membuatnya merasa terhibur.

BACA JUGA : Maksud Centang Hijau dan Kuning di WhatsApp!

Salah satu yang sering nampak dilakukan kebanyakan anak-anak adalah menonton beberapa film di Youtube. Sedangkan untuk para orang tua yang memfasilitasi smartphone untuk anaknya, sering kali tidak sadar bahwa itu merupakan langkah yang kurang baik untuk daya kembang seorang anak.

Mungkin banyak orang tua beranggapan kalau itu dapat menghibur seorang anak. Namun jika ditelusuri lebih dalam lagi, ada beberapa konten yang sudah ditayangkan yang sebenarnya tidak baik untuk anak.

Anak Bermain Gadget
Copyright ©hipwee

Pada saat sedang mencari film kartun atau sejumlah video anak-anak di pencarian Youtube. Sejumlah video yang telah ditampilkan oleh pencarian pada platform tersebut mungkin akan membuat para orang tua tercengang.

BACA JUGA : Kerjasama NASA dan Google Berburu Planet Baru!

Walau sudah ditampilkan dalam bentuk animasi atau kartun yang disukai oleh anak-anak, namun beberapa konten di Youtube itu terkadang berisikan tayangan mengenai percintaan, kekerasan, dan perbuatan tak senonoh yang tak layak jika disaksikan oleh anak.

Hal itu akan semakin para jika orang tua sudah memberikan kebebasan penuh kepada anaknya untuk mengakses. Pasalnya tidak hanya konten dalam video Youtube saja. Namun pada kolom pencarian tersebut juga kerap kali menampilkan sugesti lainnya, yang telah menurujuk kepada beberapa video negatif.

Jika tanpa adanya pengawasan dari pihak orang tua, maka bukan tidak mungkin kalau anak-anak akan terpancing rasa ingin tahunya serta membuka sejumlah topik lainnya yang sudah merujuk kepada sejumlah video tak pantas.

“Anak-anak yang punya kebebsan untuk menggunakan Youtube dan mengetik hal-hal yang menarik bagi mereka. Hal ini dapat membuat mereka menjadi frustrasi ketika mereka berada pada usia lebih dari tiga atau empat tahun,” ungkap David Brake, Peneliti dari Alberta ,yang sudah melakukan penyelidikan lebih terkait penggunaan Youtube pada anak.

BACA JUGA : Tempel Youtube, Amazon Akan Luncurkan Layanan Video Amazontube!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here