Prabowo Diprediksi Tak Akan Nyapres 2019 Nanti?

0
1127
Sindang MK
Copyright©Okezone

Setelah Adanya Putusan MK Mengenai Batas Pencalonan Capres dan Cawapres, Prabowo Diprediksi Tak akan Nyapres

Indowarta.com – Makamah Konstitusi (MK) sudah mengesahkan aturan main terkait batas pencalonan presiden dan wakil presiden. Untuk bakal capres dan cawapres yang dapat maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendantang harus memenuhi unsur syarat dukungan 20 persen kursi DPR RI atau 25 persen dari suara sah nasional.

BACA JUGA : Ketika La Nyalla Kesal Dimaki Prabowo Soal Uang Rp 40 M!

Aturan itu sudah tercantum dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum. Partai politik seperti PKS, Gerindra, PAN, Demokrat manyatakan menolak beleid itu. Pasalnya dalam Pilpres 2019 mendatang akan dilakukan secara serentak dalam legislative dan pemilihan presiden, oleh karena itu mereka beranggapan sudah tidak relevan jika menggunakan hasil Pilpres 2014 untuk pencalonan presiden di Pilpres 2019 nanti.

WAJIB BACA :  Terungkap, Ada Sosok Rahasia Perusak Hubungan antara Amien Rais – Prabowo !

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Amir Syamsuddin menilai, jika merujuk pada hasil kepurtusan MK tersebut, bahwa para kadidat capres dan cawapres dalam Pilpres 2019 mendatang maksimal akan ada tiga pasangan calon.

Jokowi dan prabowo,
Copyright ©merdeka

Disamping itu, Amir enggan mengungkapkan kemana arah koalisi Demokrat jika adanya aturan PT 20 persen itu. Dia mengatakan masih terlalu dini jika melakukan pembahasan mengenai strategi Pilpres 2019.

BACA JUGA : Persiapan Penantang Jokowi Untuk Pilpres 2019!

“Saya melihat bahwa maksimal ada tiga pasang calon dan walaupun kemungkinan besar hanya dua pasang,” kata Amir, dikutib merdeka.com, Kamis (11/1).

Dia enggan menyebutkan sejumlah nama yang akan diprediksi maju dalam Pilpres 2019. Namun dari beberapa survei yang telah dilakukan dari lembaga, ada dua kadidat kuat yang masuk dalam bursa, yaitu incumbent Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo.

WAJIB BACA :  Sosok Cawapres Seperti Apa yang bikin SBY Merapat ke Jokowi ?

Walau kader Gerindra sudah sepakat untuk mengusung ketum mereka, namun Prabowo sendiri masih belum menjawab mengenai inspirasi tersebut. Rencananya Gerindra akan mempertanyakan mengenai itu pada tahun 2018 ini.

Akan tetapi, jika maju dalam Pilpres 2019 nanti langkah Prabowo tak semudah Jokowi, pasalnya tiket pilpres masih belum dikantonginya. Hal itu karena Gerindra saat ini hanya memiliki 11,81 persen, untuk mendapatkan tiket pencalonan maka kurang 6 persen suara nasional.

BACA JUGA : Pernyataan Istana Soal Kemungkinan Reshuffle Kabinet Hari Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here