Fakta Menarik Tentang Sosok Zhou Youguang yang Muncul di Google Doodle Hari Ini!

    0
    562
    Zhou Youguang
    Copyrigt ©english.cctv

    Google Doodle Menampilkan Zhou Youguang

    Indowarta.com – Aksara Tionghoa atau yang sering disebut dengan piyin pada hari ini Sabtu (13/1/18) telah ditampilkan di halaman utama Google. Doodle yang ditampilkan ini bukan untuk merayakan hari imlek yang akan segera datang, melainkan untuk memperingati lahirnya Zhou Youguang.

    BACA JUGA : Sosok Marlene Dietrich yang Muncul di Google Doodle Hari Ini!

    Zhou Youguang sendiri merupakan seorang pencipta aksara Tionghoa yang lahir paad 12 Januari 1996. Banyak orang lebih mengenalnya dengan Bapak Piyin. Dengan adanya piyin, dia sudah mempermudah aksara Tionghoa pada bentuk tulisan latin yang sebelumnya sangat sulit untuk dipelajari.

    Walau merupakan salah satu tokok yang memiliki pengaruh dalam sejarah Tiongkok, namun masih sedikit yang diketahui seseorang tentang Zhou Youguang. Seperti dikutip dari Time Out Shanghai, Sabtu (13/1/17) berikut beberapa fakta mengenai warga Mandari yang sudah membuat bahasa Mandarin jauh lebih mudah untuk dipeljari.

    Google
    Copyrigt ©Google
    1. Membantu mengentaskan angka buta huruf di Tiongkok

    Pada saat Zhou Youguang mulai melakukan penggarapannya agar dapat membuat bahasa Mandarin jauh lebih mudah untuk dimengerti, angka buta huruf saat itu di Tiongkok mencapai 85 pesen. Namun setelah adanya 26 huruf latin untuk mewakili ribuan karakter aksara itu, angka buta huruf menjadi 5 persen.

    BACA JUGA : Kartun Youtube Berbahaya Buat Anak?

    1. Sistem piyin bukanlah yang pertama

    Sebelum adanya sistem piyin,  sistem yang paling populer untuk menuliskan karakter aksara Tionghia dalam alphabet Romawi adalah Wade-Giles. Sistem ini dirancang oleh dua orang diplomat asal Inggris pada abad ke-19.

    1. Menerbitkan lebih dari 40 buku, 10 diantaranya ditulis saat berusia 100 tahun

    Zhou Youguang telah dijuluki “Endsiklopedi Zhou” setelah karyanya untuk menerjemahkan Ensiklopedi Britannica ke bahasa Tionghoa berhasil. Bahkan semasa hidupnya dia sudah munuliskan lebih dari 40 buku.

    1. Menjadi salah satu supercentenarian Tiongkok

    Tidak banyak orang yang memiliki umur panjang. Zhou Youguang merupakan salah satu dari sedikit supercentenarian atau berusia lebih dari 110 tahun. Dia telah wafat pada usia 111 tahun.

    1. Bukan ahli bahasa tapi ahli ekonomi

    Zhou Youguang menjalani pendidikan ekonomi di Universitas St John di Shanghai. Linguistik atau ahli bahasa merupakan hobinya yang sudah merubah karirnya.

    BACA JUGA : Peretas Diam diam Nguping Obrolan di WhatsApp!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here