Rekam Jejak Sosok Bambang Soesatyo, Ketua DPR Baru Golkar Gantikan Setya Novanto!

0
816
Alasan Bambang Soesatyo 'Ogah' Gantikan Setya Novanto
Copyright©Lintas Parlemen

Golkar Resmi Memilih Bambang Soesatyo Untuk Menggantikan Setya Novanto Sebagai Ketua DPR

Indowarta.com Bambang Soesatyo resmi ditunjuk oleh Partai Golkar untuk menjadi Ketua DPR menggantikan posisi Setya Novanto yang terjerat kasus dugaan korupsi e-KTP. Berdasarkan rapat internal para petinggi Golkar yang diselenggarakan di Bakrie Tower lantai 46, Minggu (14/1/18), telah resmi memutuskan untuk memilih pria yang akan disapa Bamsoet itu sebagai Ketua DPR.

BACA JUGA : Dokter Setya Novanto, Setya Novanto, Fredrich Yunadi

“Suratnya disampaikan DPP ke Fraksi Partai Golkar. Fraksi disampaikan ke pimpinan DPR,” ungkap Ketua Bidang Legislatif, Eksekutif, dan Lembaga Politik DPP Partai Golkar Mohammad Yahya Zaini.

Mengenai pelantikan yang akan dilakukan kepada Bambang Soesatyo tinggal beberapa langkah lagi, usai surat itu sampai di tangan pemimpin DPR. Jika memang tidak ada kendala, dia akan dilantik pada hari Senin (15/1/18) siang ini.

WAJIB BACA :  Lambaian Tangan Setya Novanto Saat Tiba di Gedung KPK!

Bambang Soesatyo diketahui pernah menempati sejumlah posisi di beberapa organisasi. Diantaranya menjadi Ketua Umum Badan Perwakilan Mahasiswa di tahun 1983 hingga 1984, pada tahun 1984 menjadi Pemimpin Redaksi Majalah Universitas Jayabaya, tahun 1986 merupakan Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia, dan di tahun 1988 menjadi Wakil Sekjen Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam.

Calon Ketua DPR, Bambang Soesatyo
Copyright ©Istimewa

Salah satu hal yang sudah membuat namanya mulai dikenal publik adalah pada saat dirinya bersama dengan sembilan anggota DPR memberikan usulan untuk melakukan pembentukan Panitia Hak Angket Bank Century,  1 Desember 2009 lalu. Bambang Soesatyo dikenal sebagai orang yang kritis terhadap lembaga penjamin simpanan di Bank Century.

WAJIB BACA :  Golkar Akan Tunjuk PLT Ganti Setya Novanto?

BACA JUGA : Mantan Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi Dicekal KPK Gagal Ke Luar Negeri!

Pada tahun 2016 lalu, Katua DPR saat itu Setya Novanto telah menunjuk Bamsoet untuk duduk di kursi ketua Komisi III DPR. Posisi tersebut sebelumnya telah ditinggalkan oleh Azis Syamsuddin. Selain itu, namanya juga sempat disebut-sebut dalam kasus e-KTP.

Novel Baswedan selaku penyidik senior KPK menyebutkan bahwa Bambang Soesatyo juga menjadi pihak yang ikut mengancam saksi dalam kasus itu, Miryam S Haryani. Hal itu dilakukan untuk mencabut Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dalam sidang.

“Yang disebut seingat saya Bambang Soesatyo, Aziz Syamsuddin, Desmond Mahesa dan Masinton Pasaribu,” ujar Novel saat ditanya Jaksa Irene di persidangan kasus e-KTP yang digelar di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta Pusat, pada bulan Meret lalu.

BACA JUGA :  Penahanan Fredrich Yunadi Bukan Bentuk Kriminalisasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here