Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 3,5 KM!

0
679
Gunung Sinabung
Copyright ©Reuters

Erupsi Kembali Ditunjukkan Gunung Sinabung

Indowarta.com – Aktivitas terus ditunjukkan Gunung Sinabung pada beberapa waktu ini. Pada Kamis (18/1/18) pagi, gunung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu telah mengeluarkan erupsi dan menyemburkan larva mencapai ketinggian 3,5 kilometer.

BACA JUGA : Gunung Sinabung Erupsi Lagi Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 2,3 KM!

KepalaPos Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra menjelaskan, erupsi yang terjadi pada gunung yang ditetapkan statusnya menjadi Awas itu sekitar pukul 09.30 WIB. “Terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu 3.500 meter dan lama gempa 325 detik,” kata dia, Kamis (18/1/18).

Pada saat terjadinya erupsi Gunung Sinabung, kondisi angin lemah-sedang mengarah ke selatan barat daya. Sampai sekarang ini pihaknya terus melakukan pemantauan aktivitas gunung dengan CCTV serta thermal camera yang merupakan milik PVMBG-Badan Geologi.

WAJIB BACA :  Gunung Sinabung Erupsi Lagi Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 2,3 KM!

Melihat masih tingginya aktivitas Gunung Sibung sampai saat ini, Armen meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga diri dan menjauhi zona merah yang sudah ditetapkan sebelumnya saat statusnya ditingkatkan menjadi Awas.

Gunung Sinabung
Copyright©Kompas

Selain itu, kepada mayarakat atau wisatawan dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas apapun didekat gunung. Karena awan panas dan guguran lava masih berpotensi akan terjadi pada Gunung Sinabung saat ini.

BACA JUGA : Bersih Bersih debu Vulkanik Hasil Erupsi Gunung Sinabung!

“Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di gunung Sinabung juga agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar,” tutur dia.

Wilayah yang ditatapkan sebagai zona merah yaitu terletak pada radius 7 km untuk sektor selatan-tenggara, dengan jarak 6 km pada sektor Tenggara-Timur, dan dalam jarak 4 km pada sektor Utara-Timur Gunung Sinabung.

WAJIB BACA :  Berita Terkini : Erupsi Terus Mengancam, Korban Awan Panas Gunung Sinabung Bertambah Menjadi 7 Orang Tewas 2 Orang Tengah Kritis !

Berdasarkan data yang sudah tecatat, gunung ini sudah ribuan kali mengalami erupsi, sejak tahun 2013 sampai akhir September 2017, tercatat erupsi terjadi sebanyak 2.314 kali. Berdasarkan data dari pos pemantau, erupsi tertinggi terjadi pada 2013 lalu, pada saat itu ketinggian mencapai 11 kilometer.

Adanya aktivitas vulkanik hingga sekarang ini sudah menelan korban sebanyak 28 orang, para korban terjebak awan panas dan lahar. Usai letusan pada tahun 27 Agustus 2010, erupsi Gunung Sinabung hanya terjadi pada September.

BACA JUGA : Alasan Kenapa Jokowi Cabut Status Darurat Gunung Agung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here